KETAATAN

KETAATAN

Hakim-hakim 2:1-2 (TB)  Lalu Malaikat TUHAN pergi dari Gilgal ke Bokhim dan berfirman: "Telah Kutuntun kamu keluar dari Mesir dan Kubawa ke negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyangmu, dan Aku telah berfirman: Aku tidak akan membatalkan perjanjian-Ku dengan kamu untuk selama-lamanya,
tetapi janganlah kamu mengikat perjanjian dengan penduduk negeri ini; mezbah mereka haruslah kamu robohkan. Tetapi kamu tidak mendengarkan firman-Ku. Mengapa kamu perbuat demikian? 

Di kitab hakim-hakim pasal yang pertama, diceritakan bagaimana Tuhan sudah membantu bangsa Israel untuk berperang melawan penduduk yang mendiami Yerusalem. Tuhan memberikan perintah untuk merobohkan mezbah baal dan untuk tidak mengikat perjanjian apapun dengan penduduk negeri tersebut. Kesoktauan dan kebebalan manusia itu tapi malah menimbulkan ketidak patuhan dan melanggar perintah Tuhan.

Hmm, sepertinya aku tertusuk. Sok tahu dan menyepelekan sesuatu, karena merasa kurang peduli terhadap sesuatu hal. Menganggap hal-hal yang sepertinya kecil dan kurang penting, jadi saya tidak meminta nasehat. 😨😱 mungkin sama hal nya bangsa israel pada waktu itu. Tuhan berikan banyak perintah, tapi terus mungkin mereka punya pemikiran sendiri dan namanya manusia, eh sepertinya gak masalah, bahkan mungkin Tuhan senang ketika saya melakukan hal-hal kecil tersebut, saya akan terlihat lebih dewasa dan mandiri. 😱😨

Tuhan bertanya, mengapa kamu melakukan itu? Ternyata Tuhan sama sekali ga suka dan malah menganggap kamu adalah pemberontak yang tidak patuh terhadap perintah!

Hakim-hakim 2:3-5 (TB)  Lagi Aku telah berfirman: Aku tidak akan menghalau orang-orang itu dari depanmu, tetapi mereka akan menjadi musuhmu dan segala allah mereka akan menjadi jerat bagimu."
Setelah Malaikat TUHAN mengucapkan firman itu kepada seluruh Israel, menangislah bangsa itu dengan keras.
Maka tempat itu dinamai Bokhim. Lalu mereka mempersembahkan korban di sana kepada TUHAN.

Tuhan memberikan konsekuensi atas ketidak patuhan bangsa Israel itu, bagaimana bangsa israel membiarkan 'penyulut dosa' untuk tetap hidup di tengah-tengah mereka. Tuhan berfirman : mereka akan menjadi jerat bagimu, dan Tuhan tidak akan menghalau orang-orang itu tetapi mereka akan menjadi musuh!

Sangat menakutkan konsekuensi akibat ketidakpatuhan terhadap perintah Tuhan. Mungkin saat kamu lagi merasa bagus dan kuat (segalanya lagi oke, semua orang respek kamu, kamu berasa secure dengan semua yang disediakan bagimu) kamu bisa dengan tegas menolak apa itu dosa, tapi jika kamu ga punya 'taat dan patuh' dan menggunakan pengertian sendiri, tinggal tunggu waktu aja sampai diri kamu tersandung. 😭😱

Bangsa Israel pun menyesal, mereka menangis dan mempersembahkan persembahan untuk Tuhan.

Hakim-hakim 2:7 (TB)  Dan bangsa itu beribadah kepada TUHAN sepanjang zaman Yosua dan sepanjang zaman para tua-tua yang hidup lebih lama dari pada Yosua, dan yang telah melihat segenap perbuatan yang besar, yang dilakukan TUHAN bagi orang Israel.

Angkatan itu bertobat dan hidup dengan beribadah kepada Tuhan.

Saat tahu dan sudah sadar bahwa saya telah berdosa segeralah bertobat dan melakukan perbuatan yang sesuai dengan pertobatan itu. Tuhan sangat suka dengan orang-orang yang takut Tuhan dan patuh terhadap perintah-Nya.

Giving my best for you God ❤

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik