DILATIH

DILATIH

Hakim-hakim 3:1-2 (TB)  Inilah bangsa-bangsa yang dibiarkan TUHAN tinggal untuk mencobai orang Israel itu dengan perantaraan mereka, yakni semua orang Israel yang tidak mengenal perang Kanaan.
— Maksudnya hanyalah, supaya keturunan-keturunan orang Israel yang tidak mengenal perang yang sudah-sudah, dilatih berperang oleh TUHAN.

Tuhan membiarkan bangsa-bangsa lain untuk bisa tinggal di kanaan. Bukan berati Tuhan ga bisa menghalau bangsa-bangsa itu tapi Tuhan mau supaya orang-orang israel yang sudah tinggal disana dengan aman tanpa tahu cara berperang bisa dilatih berperang oleh Tuhan.

Siapa mau mengalami pertumbuhan rohani? Setiap pertumbuhan pasti akan ada proses latihan dan ujiannya supaya saya pun tahu bagaimana tolak ukur bahwa saya bertumbuh atau tidak? Tuhan baik banget, Tuhan sangat detail untuk mau anak-anak-Nya memiliki pertumbuhan, dan gak hanya tinggal di zona kenyamanan saja. Saya yakin Tuhan sebagai Bapa pasti punya impian untuk saya. 😭 Jadi ketika masalah dan ujian datang itu tandanya Bapa mau saya dilatih untuk bisa bertumbuh. Kadang berasa susahnya dan kadang mungkin melalui kenyamanan yang saya terima. Bagaimana akhirnya? apakah saya mampu bertahan saat dilatih atau seperti ombak yang dibawa kesana kemari?

Hakim-hakim 3:4, 6 (TB)  Mereka itu ada di sana, supaya Ia mencobai orang Israel dengan perantaraan mereka untuk mengetahui, apakah mereka mendengarkan perintah yang diberikan TUHAN kepada nenek moyang mereka dengan perantaraan Musa.
Mereka mengambil anak-anak perempuan, orang-orang itu menjadi isteri mereka dan memberikan anak-anak perempuan mereka kepada anak-anak lelaki orang-orang itu, serta beribadah kepada allah orang-orang itu.

Tapi nyatanya orang Israel malah pergi beribadah kepada allah orang-orang itu.

Hakim-hakim 3:7-8 (TB)  Orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, mereka melupakan TUHAN, Allah mereka, dan beribadah kepada para Baal dan para Asyera.
Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel, sehingga Ia menjual mereka kepada Kusyan-Risyataim, raja Aram-Mesopotamia dan orang Israel menjadi takluk kepada Kusyan-Risyataim delapan tahun lamanya.

Konsekuensi dari dosa dan pelanggaran mereka, Tuhan murka sehingga menjual bangsa Israel kepada raja Aram dan takluk selama delapan tahun.

Hakim-hakim 3:9-11 (TB)  Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan seorang penyelamat bagi orang Israel, yakni Otniel, anak Kenas adik Kaleb.
Roh TUHAN menghinggapi dia dan ia menghakimi orang Israel. Ia maju berperang, lalu TUHAN menyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya, sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim.
Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya. Kemudian matilah Otniel anak Kenas.

Bapa yang sangat luar biasa baik, yang hatinya selalu tergerak ketika mendengar rintihan bangsa Israel. Sehingga Bapa mengirimkan Otniel untuk menyelamatkan bangsa Israel dengan maju berperang. Tuhan memberikan kesempatan untuk bangsa Israel memperoleh keamanan negeri itu selama dipimpin oleh Otniel.

Siapkah untuk mengalami pertumbuhan? Jaga hati dengan segala kewaspadaan, dengan selalu jaga hubungan dengan Tuhan supaya saya ga salah melangkah dan Bapa akan memberikan hikmat buat orang-orang yang takut akan Tuhan.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik