Saya hidup dibenarkan oleh iman

Roma 3:23 (TB)  Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

Roma 3:20 (TB)  Sebab tidak seorang pun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

Bapa, lanjut belajar dari orang israel yang masih mengagungkan hukum taurat mereka, dengan tegas Paulus bilang semua orang berdosa dan hukum taurat itu ga bisa menyelamatkan dan mereka ga bisa dibenarkan oleh Hukum Taurat, tapi dengan adanya Taurat itu saya sendiri pun mengenal dosa, di taurat itu terdapat daftar hal apa saja yang Tuhan ekspektasikan untuk manusia dan hal apa saja yang Tuhan benci. Saya sendiri jadi lebih mengenal Tuhan melalui hukum ini juga, bahwa Allah pecemburu, Allah mau saya bersikap hormat, dan mengasihi orang tua saya, menjaga hati saya dari konflik dan tidak iri hati, untuk menguduskan hari sabat, dan sebagainya. Dosa saya memang dinyatakan, tapi gak bisa selamat hanya karena saya tahu hal-hal yany musti saya hindari dan lakukan pada taurat itu. gak mungkin saya tidak melanggar salah satunya di sepanjang hidup saya. 😫 Saya tahu luka dalam hati saya, kebobrokan dalam hati saya karena saya tahu saya telah membuat Bapa saya kecewa, membuat hubungan saya dengan Bapa terasa jauh yang membuat saya semakin terpuruk. Hukum taurat membuat saya mengenal dosa tetapi tidak bisa menyembuhkan hati saya. 💔

Roma 3:24-27 (TB)  dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.
Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.
Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman!

Gak habis-habisnya saya bersyukur untuk kasih karunia yany diberikan oleh Yesus 😊 Yesus tidak menghakimi saya dan membuat hati saya hancur dan merasa bersalah di sepanjang hidup saya. Tapi Tuhan dengan kata-kata yang gak nyakitin dan make sense, Yesus dapatkan hati saya dan bisa menyembuhkan luka saya ❤ Yesus dengan sabar merawat luka saya, membiarkan proses itu berlangsung namun Yesus ada bersama dengan saya dan membantu saya. Saya keinget percakapan Yesus ama Petrus seusai proses salib. Siapa sih yang gak luluh hatinya dengan cara Yesus menegor seperti itu, saya pun pasti ga merasa ketakutan ketika mau ketemu dengan siapapun yang saya hendak confess, justru saya akan sangat membenci dosa saya itu dan mau bersungguh-sungguh berbalik kepada kebenaran.

Saya ga ada alasan untuk bermegah, karena saya hidup dan diselamatkan oleh iman saya kepada Kristus. Malahan Tuhan jijik kalau saya berbuat dosa. Saya menghargai anugrah dari Tuhan dengan tidak terus menerus entertain dosa saya, tidak dengan menyalahkan diri sendiri, meski malu karena telah gagal, tapi Yesus mau saya bangkit dan berjalan bersama. Saya beroleh pendamaian karena iman.

karena semua manusia telah jatuh di dalam dosa maka

Roma 3:18 (TB)  rasa takut kepada Allah tidak ada pada orang itu."

Hari ini saya mau lebih takut kepada Allah, bukan ketakutan tapi sopan, hormat dan menghargai Tuhan. Melakukan pekerjaan dengan benar dan menjaga setiap perkataan saya. Bapa, bantu saya hari ini 🙏😭 , untuk menyenangkan hati Tuhan ❤

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik