Dewasa secara Rohani

Roma 2:17-21 (TB)  Tetapi, jika kamu menyebut dirimu orang Yahudi dan bersandar kepada hukum Taurat, bermegah dalam Allah,
dan tahu akan kehendak-Nya, dan oleh karena diajar dalam hukum Taurat, dapat tahu mana yang baik dan mana yang tidak,
dan yakin, bahwa engkau adalah penuntun orang buta dan terang bagi mereka yang di dalam kegelapan,
pendidik orang bodoh, dan pengajar orang yang belum dewasa, karena dalam hukum Taurat engkau memiliki kegenapan segala kepandaian dan kebenaran.
Jadi, bagaimanakah engkau yang mengajar orang lain, tidakkah engkau mengajar dirimu sendiri? Engkau yang mengajar: "Jangan mencuri," mengapa engkau sendiri mencuri?

😱 itu teguran buat saya, saya mengaku murid Yesus tahu kehendak-Nya, tahu mana yang baik dan buruk tapi sering saya masih bergumul dengan dosa saya, saya berjuang banget untuk keluar dari dosa kemalasan dan negative thinking, dan juga untuk memiliki kerendahan hati. Saya ga bisa jadi dewasa kalo saya tidak punya sikap yang rendah hati. Saya seperti orang bodoh yang punya sedikit pengetahuan tentang bible tapi berlagak! Bagaimana bisa mengajar kalo saya sendiri belum mampu menghidupi Firman Tuhan dalam hidup saya?!

Ketika ada yang kasi masukan rasanya mau berkelit dengan banyak banget alasan dan saya bersikap defensif 😓 itu adalah kesombongan, dan bagaimana saya bisa bertumbuh kalo saya defensif dan engga rendah hati. Saya pernah baca, kalau saya masih bersikap defensif dan tidak rendah hati maka saya tidak menghargai anugrah dan keselamatan yang dari Tuhan.

Roma 2:4 (TB)  Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?

Menganggap kebaikan Tuhan itu hal yang memang sudah menjadi hak saya tanpa saya harus mensyukurinya, tanpa saya harus berjuang untuk menjadi apa yang Tuhan sudah impikan dalam hidup saya.

Roma 2:23-24 (TB)  Engkau bermegah atas hukum Taurat, mengapa engkau sendiri menghina Allah dengan melanggar hukum Taurat itu?
Seperti ada tertulis: "Sebab oleh karena kamulah nama Allah dihujat di antara bangsa-bangsa lain." 

😭 saya tahu Bapa, saya adalah ambasador of Christ tapi sering saya tidak bisa menjadi orang dengan karakter yang seperti Yesus punya. Saya kekanak-kanakan, kadang merasa diri hebat. Baru-baru ini ditegur dibilang ama koko kalo saya musti percaya pada orang lain dan bagi pekerjaan saya ke anak-anak itu, ya bersyukurnya sih saya dikasi challenge baru, untuk posisi dan saya tahu mereka ada pengharapan kepada saya, untuk saya mampu. Tapi saya mengerti itu karena saya malas baca email, baca dokumen apalagi, ga sabar buat ngajarin orang, kadang diem diem aja karena malas 😓 sekarang aku musti baca semua dokumen n email terkait project itu. kalo aku malas semua numpuk di saya, dan nanti efek nya sangat ga baik untuk orang-orang di team. Gak ngerti 😭 tapi saya tahu itu melatih diri saya untuk lebih giat bekerja, dan lakukan itu untuk Tuhan. Musti lebih efektive dan strech diri saya ketika capek dan malas mikir. langsung baca 2 korintus 7:11 tentang pertobatan. tiap uda mulai malas langsung hafalin ayat ini. dan buka lagi

Kolose 3:23 (TB)  Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Yuk semangat, jangan malas prim. Ngeri sendiri nanti efek kebelakangnya kalo saya gak bertobat. ampuni saya Bapa. Bantu saya untuk bisa  lebih giat, berikan saya hikmat  untuk mengerti dan berbicara yang bisa dimengerti orang lain, bisa berikan saya kecerdasan untuk berikan solusi yang tepat, open minded, humble, yang rajin. do extra miles bukan kerja yang standard aja, karena pengorbanan Yesus dan kebaikan Tuhan itu bukan hal yang biasa, murahan dan standard. Tapi pengorbanan yang sangat mahal dan berharga dengan tak ternilai. Jaga nama baik Tuhan, supaya nama Tuhan makin dipermuliakan.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik