Siapa yang kita sembah?

Kisah Para Rasul 17:22-25 (TB)  Paulus pergi berdiri di atas Areopagus dan berkata: "Hai orang-orang Atena, aku lihat, bahwa dalam segala hal kamu sangat beribadah kepada dewa-dewa.
Sebab ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu.
Allah yang telah menjadikan bumi dan segala isinya, Ia, yang adalah Tuhan atas langit dan bumi, tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan manusia,
dan juga tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah Ia kekurangan apa-apa, karena Dialah yang memberikan hidup dan nafas dan segala sesuatu kepada semua orang.

Kisah dimana Paulus sedang pergi ke atena. Kota yang terkenal banget dengan kota bersejarah dan punya banyak dewa-dewa dan sering banget dijadiin cerita fiksi yang menarik banget buat dibaca. Paulus sedih banget waktu sampai di kota itu karena melihat banyak patung dewa yang mereka sembah. Tapi belajar dari bagaimana Paulus menyampaikan perkataan, supaya gak hurt orang atena, karena Paulus tahu, mereka gatau dengan perbuatan mereka itu salah. Mungkin banyak bisa di sekelilingku orang yang religious tapi sayang mereka mungkin ga mengerti dan ga menghidupi apa bible bilang. Bahkan orang atena pun tahu bahwa ada satu kuasa yang ada, tapi mereka ga kenal siapakah dewa itu. Sampai akhirnya mereka buat mezbah untuk Allah yang tidak dikenal.

Kadang aku ampe mikir, kenapa mereka sampai mendirikan banyak mezbah untuk dewa-dewa yang mereka yakini, bukankah mereka ini kebanyakan orang-orang yang pintar, punya tingkay kebudayaan yang besar atau aku bilang logic dan bisa aja mereka berpikir ga percaya dengan adanya Tuhan. Tapi mereka bikin semua yang menurut mereka adalah sosok yang kuat.

Apa yang buat seperti itu? Karena mereka sendiri sadar ada kuasa diluar kendali mereka namun tak nampak, mereka bersyukur atas banyak berkat dan penciptaan yang mereka bisa rasakan. Mereka beribadah, atau mungkinkah mereka takut kalau suatu hal yang buruk bakal terjadi kalau mereka ga beribadah kepada dewa-dewa itu?

Meski akhirnya datanglah Paulus untuk memberitakan kebenaran dan kabar baik tentang Yeus. Betapa bersyukurnya aku, aku bisa beroleh pengertian itu sekarang. Aku tahu ada Allah yang menciptakan semuanya, yang memberikan nafas buatku?! apakah aku punya hati seperti orang-orang athena pada saat itu? mau bersyukur, mau beribadah dengan taat, ga malas, ga banyak alasan tapi juga gamau sombong! aku tahu semua yang aku dapat ini adalah karena izin Tuhan. bukan karena kemampuan aku. bukan karena keberuntungan. Tapi Tuhan.

Aku punya Bapa yang hebat, yang menciptakan segalanya, dan Dia bukanlah Bapa yang diam di kuil buatan tangan manusia!!! Gak jarang, aku kadang mengkotak-kotakan kuasa Tuhan. Kadang ga bisa punya iman untuk sesuatu hal. 😓😔 Dan pernah berpikir juga bahwa sudah merasa hebat kalo uda ikut pelayanan ato terlibat di acara kerohanian, dan sejenisnya. terus merasa boleh 'menuntut' dari apa yang sudah aku lakukan. How dare you prim! Ampun Bapa 😱

Tuhan gak butuh untuk dilayani, bahkan kamu ga akan bisa melayani kalo Tuhan ga kasi kepercayaan ke kamu. Keep humble ya prim. Kalo dapat kesempatan buat serve Tuhan, buat bantu orang lakukan segenap hati kamu, seperti melakukan untuk Tuhan. Ada tanggung jawab disana. Lakukan sebagai ucapan syukur yang kamu punya dan karena kamu mengasihi Bapa. ❤

Thank you Bapa untuk remind ini lagi. Biarlah nama Tuhan dipermuliakan dan makin dipermuliakan lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik