Persiapan?

Morning Bapa,

Thank you bangunin aku pagi ini 😁

Kisah Para Rasul 13:2-3 (TB)  Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.

Bapa, aku belajar dari perikop ini mengenai pentingnya persiapan diri sebelum pergi menginjil keluar. Belajar dari Paulus dan Barnabas saat itu. Persiapan hati.

"Mereka beribadah" Masi ingat keadaan jemaat mula-mula saat itu?

Kisah Para Rasul 2:42 (TB)  Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.

Aku related ama keadaan sekarang, murid-murid Yesus sedang melakukan kumpul group, aku diberikan pengajaran oleh leadernya aku. Aku tahu belajar dan mendalami Firman itu penting banget. Jadi gimana sih untuk bisa digging deeper Word of God?Karena ga mungkin aku dengerin terus dari guru-gurunya aku, aku juga musti punya relasi yang pribadi dengan Tuhan, saat teduhlah.

Kisah Para Rasul 17:11 (TB)  Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Menyelidiki kitab suci. Gak langsung percaya aja dengan apa yang pengajar katakan, karena mereka juga manusia bisa punya banyak hal yang bisa mendistract mereka? atau aku juga bisa dapat insigth yang berbeda dari mereka. Selain itu aku juga pasti bisa peroleh experience aku sendiri dengan Bapa. Kemarin bagus banget untuk bisa saat teduh bareng ama pdg kecil. Seneng banget rasanya bisa belajar bareng-bareng sehingga bisa melihat Firman Tuhan lebih dalam.

Ka Dinar ajarin lagi, gimana sih saat teduh yang benar?! supaya lebih dalam.
1. Gunakan panca indera, rasakan dan bayangkan kondisi saat itu, rasakan anginnya,
2. Gunakan perasaan kamu, tempatkan diri ku jadi orang-orang disana dengan sudut pandang yang berbeda. Anggap Tuhan sedang bicara ama kamu prim.

Dua point yang menurutku bisa bantu aku supaya ga boring juga ketika baca. Persiapkan hati dengan pengetahuan untuk mengajar dengan aku menyelidiki kitab suci lebih dalam.

berdoa, penting banget untuk aku menjaga hubungan aku dengan Tuhan melalui doa. Banyak orang menganalogikan doa sebagai nafas orang percaya, dan aku sudah tahu banget bagaimana powerfulnya kuasa doa yang benar.

berpuasa, mau studi ato mau reachout orang mereka ini berpuasa loh! hal ini menunjukkan bagaimana pentingnya kegiatan menginjil itu, sampai mereka berpuasa. Keinginan mereka untuk memberitakan injil bener-bener dianggap menjadi suatu hal yang sangat serius dan penting. Aku belajar juga bahwa mereka gak andalkan kekuatan sendiri tetapi meminta kepada Tuhan supaya Tuhan lah yang menyertai mereka.

Roh Kudus bekerja bagi mereka, mereka beroleh hikmat untuk mengutus Paulus dan Barbabas pergi. Aku ngerti, bahkan di kingdom sendiri untuk buat keputusan apapun selalu harus doa dulu, puasa dulu, seek advice dulu, spendtime dulu, pelajari dulu. Banyak banget pertimbangan. Ternyata hal itu juga dilakukan pada jemaat mula-mula. Namun, Roh Kudus bekerja dengan luar biasa, gak menjalankan keputusan dengan asal-asal dan kekuatan sendiri.

Kisah Para Rasul 13:3 (TB)  Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.

Setelah itu baru mereka berdua dilepas pergi untuk menginjil dan mengajar.

Disini aku melihat diri aku lagi, seberapa penting sih bible study buat aku? Persiapan apa yang aku sudah lakukan ketika mau studiin orang atau sit in bible study atau ketika mau memberikan pembimbingan, ketika mau reach out orang? berdoakah aku? menyelidiki kitab suci terlebih dahulu kah? berpuasa kah? menjaga hubungan aku dengan Tuhan atau enggak? atau aku cuma 'yang penting jalan aja', 'uda syukur aku mau melibatkan diri aku disana', uda lah gpp yang penting ada orang nya?

Apa prim? seperti apa hati kamu?! Bapa, aku tertusuk, maaf ya Be untuk kesombongan aku dan aku kadang ga anggap serius lagi kegiatan menginjil, aku mempergunakan pemikiran aku sendiri, kekuatan diriku, dan mengajar seperti ya itu seperti pelajaran agama ketika lagi di sekolah. Gak berikan hati yang penuh untuk pekerjaan Tuhan. 😭

Liat ga hasilnya apa?

Kisah Para Rasul 13:7-11 (TB)  Ia adalah kawan gubernur pulau itu, Sergius Paulus, yang adalah orang cerdas. Gubernur itu memanggil Barnabas dan Saulus, karena ia ingin mendengar firman Allah.
Tetapi Elimas — demikianlah namanya dalam bahasa Yunani —, tukang sihir itu, menghalang-halangi mereka dan berusaha membelokkan gubernur itu dari imannya.
Tetapi Saulus, juga disebut Paulus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap dia,
dan berkata: "Hai anak Iblis, engkau penuh dengan rupa-rupa tipu muslihat dan kejahatan, engkau musuh segala kebenaran, tidakkah engkau akan berhenti membelokkan Jalan Tuhan yang lurus itu?
Sekarang, lihatlah, tangan Tuhan datang menimpa engkau, dan engkau menjadi buta, beberapa hari lamanya engkau tidak dapat melihat matahari." Dan seketika itu juga orang itu merasa diliputi kabut dan gelap, dan sambil meraba-raba ia harus mencari orang untuk menuntun dia.

Mereka berdua memperoleh hikmat dari Roh Kudus untuk mengajar dan memberitakan kebenaran kepada banyak orang. Iblis suka pakai banyak cara untuk orang ga berbalik kepada Tuhan dengan adanya nabi palsu dan penyesatan. nah, ketika dari awal paulus dan barnabas udah siapin hati mereka, dan Roh Kudus uda menyertai mereka, siapa dapat melawan? Gak ada! Kebenaran tetap akan menjadi kebenaran dan good news akan tersebar dan orang yang diajar pun menjadi percaya karena Roh Kudus bekerja.

Bapa, aku sangat bersyukur untuk study yang Tuhan percayakan buat kami, melihat hati mereka yang rindu mengerti kasih Tuhan, dan mencari Tuhan dengan segenap hati mereka. Aku pun mau melakukan yang terbaik untuk pekerjaan Tuhan. Aku mau melakukan bagian aku. Karena Tuhan juga sudah membuat aku merasakan banyak kebaikan Tuhan terlebih dahulu.

Bapa, jadi inget kotbah kemarin dari trailer hacksaw ridge, waktu si dos bilang "Please Lord, Help Me Get One More" Bapa aku juga mau, bisa Tuhan pakai untuk membantu orang dan memiliki compassion seperti yang Yesus punya.

Bapa, thank you ya. Semoga semua yang aku lakukan bisa membuat nama Tuhan semakin dimuliakan, i want to enjoy today with you God 💕

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik