Jangan sia-siakan kesempatan

Kisah Para Rasul 13:14-15 (TB)  Dari Perga mereka melanjutkan perjalanan mereka, lalu tiba di Antiokhia di Pisidia. Pada hari Sabat mereka pergi ke rumah ibadat, lalu duduk di situ.
Setelah selesai pembacaan dari hukum Taurat dan kitab nabi-nabi, pejabat-pejabat rumah ibadat menyuruh bertanya kepada mereka: "Saudara-saudara, jikalau saudara-saudara ada pesan untuk membangun dan menghibur umat ini, silakanlah!"

Aku belajar dari Paulus, dia ga pernah menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan oleh Tuhan. Bahkan benar-benar memanfaatkannya untuk mengajar dan memberitakan Injil. Tertusuk Be. Aku lebih seringnya kalau diposisi dia pasti cari aman, gak mau terlihat terlalu menonjol biar ga jadi pusat perhatian. pasti bikin pembenaran "aku kan cuma tamu, mana di dengerin". Gak punya keberanian sama sekali. Tapi aku ngerti, Paulus yang sudah melakukan persiapan yang sebegitu rupa di perikop sebelumnya, jadi Roh Kudus lah yang menggerakkan Paulus untuk berani melakukan itu.

Bahan ajarannya pun, bukan yang manis-manis saja, tapi menurutku ada tegoran keras untuk bangsa Yahudi juga. Tapi mereka dengan berani tetap mengatakan, karena itulah kebenaran! itulah cara untuk orang lain bisa mendapatkan keselamatan.

Kisah Para Rasul 13:39-41 (TB)  Dan di dalam Dialah setiap orang yang percaya memperoleh pembebasan dari segala dosa, yang tidak dapat kamu peroleh dari hukum Musa.
Karena itu, waspadalah, supaya jangan berlaku atas kamu apa yang telah dikatakan dalam kitab nabi-nabi:
Ingatlah, hai kamu penghina-penghina, tercenganglah dan lenyaplah, sebab Aku melakukan suatu pekerjaan dalam zamanmu, suatu pekerjaan, yang tidak akan kamu percayai, jika diceriterakan kepadamu."

Aku belajar untuk mengatakan kebenaran, dengan cara yang benar. Kalau ingat bagaimana Yesus mengajar dan menegor ya, aku bisa ikutin teladan dari Yesus. Yesus bisa menempatkan diri dengan benar dan tahu cara menyentuh hati seseorang. Keren banget lah kalo pas lagi baca dari kitab injil. 😍

Paulus berani karena dia tahu apa tujuan hidup dia, apa passion dia dan misi dia. Paulus tahu misi dia adalah untuk memberitakan Injil. Paulus pegang komitmennya dan Tuhan selalu sertai.

Kisah Para Rasul 13:43 (TB)  Setelah selesai ibadah, banyak orang Yahudi dan penganut-penganut agama Yahudi yang takut akan Allah, mengikuti Paulus dan Barnabas; kedua rasul itu mengajar mereka dan menasihati supaya mereka tetap hidup di dalam kasih karunia Allah.

Respon orang yahudi yang takut akan Tuhan adalah mereka menjadi haus akan Firman Tuhan, mereka mengikuti Paulus dan Barnabas supaya mendapatkan pengajaran. Iya aku mengerti banget perasaan mereka, suka banget belajar hal-hal baru, dan aku yakin Paulus ama Barnabas ini bisa mengajar dengan cara yang menarik jadi orang itu ga bosan terlepas memang semua itu Tuhan pasti turut campur di pekerjaan mereka. Aku semangat banget kalo mau dengar pengajaran. Tapi kalo pas hati ada dosa memang sih rasanya pengen sejauh mungkin dari pengajaran, karena ya merasa harus segera memperbaiki diri tapi kadang diri ini gak ngerti dan malah entertain dosa itu gak buru-buru diberesin, sebab kecenderungan sifat daging manusia yang lemah. Namun, itu bukan alasan!!! Yesus sudah mati untuk aku, ga boleh prim kamu cari-cari pembenaran. 😔 itu pilihan kamu mau bertobat dengan serius ato enggak.

Kisah Para Rasul 13:44-45 (TB)  Pada hari Sabat berikutnya datanglah hampir seluruh kota itu berkumpul untuk mendengar firman Allah.
Akan tetapi, ketika orang Yahudi melihat orang banyak itu, penuhlah mereka dengan iri hati dan sambil menghujat, mereka membantah apa yang dikatakan oleh Paulus.

Waktu aku baca ini ya, apaaan sih childish banget jews ini. Masa envy gara-gara banyak orang yang bisa mendengar Firman Tuhan. Mungkin merasa diri mereka special atau takut perhatian buat jews ini berkurang karena makin banyak kan yang diurus ama Paulus dan Barnabas. Bahkan sampai melakukan dosa mereka, menghujat terus marah ama Paulus. 😱 😂 Ini aku jadi inget artikel yang tadi subuh aku baca 😅 iya gw banget itu sebenernya. Artikel tentang seorang kakak yang mau jual adeknya gara-gara iri dengan adiknya, karena sang Ibu yang mulai perhatiin adeknya dan perhatian ibu buat kakaknya berkurang. Di artikel itu dibilang, mungkin ibu nya melakukan kesalahan dalam mengajar atau mendidik sang kakaknya, sang kakak dituntut buat love adiknya tapi karena tingkat kedewasaan sang kakak belum sampai akhirnya ya malah marah dan iri hati. 😂😅

Tapi ya masa orang-orang itu ga dewasa padahal seharusnya mereka sudah dewasa secara karakter kan mereka umat pilihan yang sudah diajarkan turun temurun. Jadi Paulus menegor mereka lagi dan memberitahukan kebenaran.

Kisah Para Rasul 13:46-47 (TB)  Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata: "Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.
Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi." 

Perintah Yesus untuk menjadikan semua bangsa jadi murid. Sehingga boleh dong bangsa selain Yahudi ada disana mendengarkan pengajaran. Sama kaya aku, yang kadang masih eksklusif sendiri menentukan mana yang pantas dan bisa untuk diajarkan!
Disisi lain, agak ngeri juga. Gimana kalo leader aku jadi give up ama aku gara-gara aku ga bertumbuh, aku gak menjadi dewasa secara karakter dan kerohanian, kalo aku terlalu manja dan banyak alasan, kalo aku masi sering main ama dosa?! 😱 terus leaders ato group bilang, "terserahlah kamu, kamu uda diajar dan tahu Firman, pilihan kamu next nya apa" seperti Paulus, tegas banget. Ya memang Tuhan uda pilih kamu, tapi kamu cenderung menolak keselamatan dan Firman Tuhan, Jadi mereka berpaling kepada bangsa lain supaya mereka beroleh keselamatan.

Bukannya dapet dukungan dari mereka tapi orang Yahudi malah dapat tegoran keras! Enough manja nya! Kamu dah gede. 😱 Wuoooo, ayokk bertumbuh segera.

Kisah Para Rasul 13:48-49 (TB)  Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.
Lalu firman Tuhan disiarkan di seluruh daerah itu.

Hal ini justru menjadi anugerah buatku, sehingga aku bisa beroleh keselamatan dan pengampunan dosa dari Tuhan ❤😍💕

Thank you ya Bapa. 😭 🤗 Aku mau juga jadi terang ☀ Tuhan bantu aku ya untuk aku bisa jadi terang hari ini dan enjoy hari ini bersama Bapa dan supaya nama Tuhan selalu semakin besar 🙏

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik