Bukan dengan kekuatanku, tapi karena Tuhan mengizinkannya

Kisah Para Rasul 16:14 (TB)  Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus.

Bapa, membaca perikop ini aku bersyukur karena jadi ngerti bahwa aku bisa mengerti dan mengenal Yesus dalam hidupku bukan karena aku hebat dan pinter tapi karena Tuhan membuka hatiku. Kalo dipikir bener juga, aku bisa baca semua pengetahuan, aku tahu bagaimana ada satu orang berkorban demi aku, aku bisa merasa tersentuh dengan kotbah orang atau kesaksian orang tapi kalau Bapa gak membuka hatiku, ga melembutkan hatiku, ga memberikan aku hikmat supaya aku paham semua percuma. Seperti aku cuma habis melihat film fiksi, yang bisa membuat aku tersentuh, bisa menginspirasi, bisa menjadi pegangan tapi semua itu gak hidup dalam hidupku, dan ga menimbulkan iman, seiring waktu juga akan lenyap dan terganti oleh hal-hal baru lainnya tanpa membuat aku bertumbuh dan membuat aku mengerti dan mempunyai eksperience langsung ama Bapa.
Bapa, makasih ya karena Bapa sayang ama aku dan memberikan aku kesempatan untuk mengerti dan memiliki journey bersama dengan Tuhan.

Bukan dengan kekuatanku tapi karena Tuhan yang mengijinkan!!!

Kisah Para Rasul 16:18-19 (TB)  Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: "Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini." Seketika itu juga keluarlah roh itu.
Ketika tuan-tuan perempuan itu melihat, bahwa harapan mereka akan mendapat penghasilan lenyap, mereka menangkap Paulus dan Silas, lalu menyeret mereka ke pasar untuk menghadap penguasa.

Hal apa yang membuat kuatir dan panik? dan akhirnya malah memberikan respon yang salah?

Melihat kejadian ini, aku berpikir apakah aku bisa menjadi seperti tuan-tuan dari hamba ini? apa yang bisa buat aku gelisah? apa yang bisa buat aku ketakutan? yah ketika ada sesuatu yang berubah dari kenyamanan aku. Bapa, Bapa pasti tahu banget bagaimana stress, sedih dan marahnya aku beberapa hari lalu. Menguras energi banget, sebegitu marahnya sampai rasanya mau mengeluarkan makian. Tapi bersyukur banget karena Bapa masi jaga aku, ingatkan aku dengan firman Tuhan. Sehingga aku bisa menahan diri aku.

Efesus 4:26 (TB)  Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu 
Efesus 4:27 (TB)  dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

Aku ingat dan ulangi ayat ini. Inget prim, jangan sampai berdosa, jangan sampai berdosa. Thank you banget Bapa jaga dan kuatkan aku. Beban banget, entah itu kerjaan, atau berasa lagi ga ada yang bantuin, merasa kayanya ga bisa handle list kerjaan itu, ada issues kerjaan yang ga selese-selese ampe bosen ngerjainnya musti lembur. Dan ada konflik ama sisters, kesel banget. Baru 2 minggu sebelumnya konflik juga, nah ini lagi. huahhhh. sedih banget, dan marah banget. mau ketemu dan bereskan kaya Tuhan gak bikin waktu kami ga bisa make it. Tapi mungkin kalau kami ketemu di 3 x perjanjian kami bisa jadi kami masi ga bisa kontrol emosi yah. mungkin debat atau kami berdua jadi saling menyakiti dengan perkataan kami.

Efesus 4:29 (TB)  Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

Bapa, stress banget ampe gak bisa tidur 2 hari gara-gara mikirin itu. Tapi bersyukur banget Bapa bantu dan pertolongan Tuhan gak pernah terlambat. Aku melihat Bapa bantu aku dan tim aku menyelesaikan issues nya. Bapa juga bantu aku memberikan training ke anak-anak baru itu, dan mereka semangat, ngeri juga kalau disuruh ngisi training kaya gitu karena takut dijadiin contoh ama mereka, jadi berbeban haha.

Satu demi satu Bapa selesaikan.
Aku juga tertegur, maybe aku sombong dan ada beberapa persen yang membuat aku bersandar pada kekuatanku sendiri. Jadi, aku galau dan ga bisa enjoy. Ampuni aku Bapa.
Happy banget juga rina bisa steady, masi berasa eforianya Be. Haha ❤
Bersyukur akhirnya hari minggu kemarin bisa selesaikan, bereskan dan bicara perasaan dengan sisters itu. Meski sempet juga tegang, takut marah lagi. Tapi bersyukur Roh Kudus yang pandu kami. Terharu Be. Kalau dekat dengan seseorang atau sayang aku tahu ekspektasi kepada masing-masing bakal gedhe juga. Kata-kata dan perilaku bisa banget untuk hurt orang. Bapa, bersyukur bisa dibereskan, biarlah kami bisa saling menjaga dan membangun ya Be. Itulah fungsi tubuh Kristus.

Bapa, makasih ya bisa tidur nyenyak lagi tadi malam 😂

Love you more and more ❤ Father
Fungsi Firman Tuhan itu hidup dalam keseharianku. Thank you Lord

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik