Berdiri teguh

Kisah Para Rasul 13:50 (TB)  Orang-orang Yahudi menghasut perempuan-perempuan terkemuka yang takut akan Allah, dan pembesar-pembesar di kota itu, dan mereka menimbulkan penganiayaan atas Paulus dan Barnabas dan mengusir mereka dari daerah itu.

Konflik antara murid Yesus dengan orang Yahudi terus berlanjut, bahaya banget ya dosa bisa membutakan hati orang. Perikop sebelum nya ada konflik karena orang yahudi iri hati dengan bangsa lain, terus karena gak dibelain ama murid Yesus mereka jadi merasa malu karena kesombongan. Dosa uda menguasai mereka jadinya mereka merespon dengan melakukan penghasutan dan penganiayaan atas Paulus dan Barnabas.

Sedih banget ya, pertobatan mereka ga bertahan lama. Ketahuan awalnya mereka mengikut ajaran Yesus dengan sukacita awalnya tapi mereka membiarkan dosa itu datang lagi dan mengambil alih hidup mereka lagi.

Bapa, gimana ya perasaan Paulus dan Barnabas, mereka sedih ga ya? Pengajaran mereka ga berhasil. Orang-orang yang tadinya semangat eh tiba-tiba berbalik menyerang dia, hanya gara-gara Paulus bilang keselamatan itu juga menjadi anugrah buat bangsa lain. 😢 Tapi aku lihat mereka berdua enggak terdiscourage dan down, ga self pity, ga berpikir bahwa semuanya sia-sia setelah apa yang terjadi. Kembali Paulus mengingat kata-kata Yesus.

Kisah Para Rasul 13:51 (TB)  Akan tetapi Paulus dan Barnabas mengebaskan debu kaki mereka sebagai peringatan bagi orang-orang itu, lalu pergi ke Ikonium.

Matius 10:14 (TB)  Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.

Yawda, kalo respon mereka ga baik, mereka tidak menerima dan tidak mendengar perkataanmu, pergi dan kebaskan debu di kakimu. Rasul-rasul itu tetap teguh, mungkin ada perasaan sedih atau kecewa namun mereka ga berhenti, ga mohon-mohon supaya mereka bertobat lagi. Tapi yawda, mereka uda melakukan apa yang harus mereka kerjakan. Masih banyak tempat yang Mereka harus datangi.

Bapa, kadang aku bisa merasa sedih ya kalau orang yang lagi study bible atau orang yang mencari Bapa, atau brothers sisters aku tiba-tiba jadi berbalik lagi dan berjalan dengan dosa mereka, gamau lagi mencari Tuhan, gamau lagi hidup benar dan kudus di hadapan Tuhan, atau menjadi suam-suam kuku. Bahkan ga jarang iman pun tercuri, sukacita tercuri, terus jadi lemah secara rohani. 😞 Melihat contohan yang uda diberikan oleh Paulus dan Barnabas. Aku mesti terus fight ya. Lakuin aja apa yang Tuhan mau. Hasilnya bagaimana Tuhan yang berikan.

Kisah Para Rasul 14:3 (TB)  Paulus dan Barnabas tinggal beberapa waktu lamanya di situ. Mereka mengajar dengan berani, karena mereka percaya kepada Tuhan. Dan Tuhan menguatkan berita tentang kasih karunia-Nya dengan mengaruniakan kepada mereka kuasa untuk mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat.

Akhirnya Paulus dan Barnabas pergi ke tempat lain, dan semangat mereka tetap karena mereka percaya kepada Tuhan, dan Tuhan memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat. Bapa, aku mengalami. Semakin hari aku merasa Tuhan berikan karunia baru buat aku ya. Tuhan perlengkapi aku untuk bisa mengajar, memberitakan injil, sabar, lebih ramah, kecerdasan dan sebagainya. Hal-hal yang dibutuhkan untuk mengabarkan injil meski itu bukan yang utama tapi perlu. Roh Kudus bekerja dalam diriku.

Kisah Para Rasul 14:13-15 (TB)  Maka datanglah imam dewa Zeus, yang kuilnya terletak di luar kota, membawa lembu-lembu jantan dan karangan-karangan bunga ke pintu gerbang kota untuk mempersembahkan korban bersama-sama dengan orang banyak kepada rasul-rasul itu.
Mendengar itu Barnabas dan Paulus mengoyakkan pakaian mereka, lalu terjun ke tengah-tengah orang banyak itu sambil berseru:
"Hai kamu sekalian, mengapa kamu berbuat demikian? Kami ini adalah manusia biasa sama seperti kamu. Kami ada di sini untuk memberitakan Injil kepada kamu, supaya kamu meninggalkan perbuatan sia-sia ini dan berbalik kepada Allah yang hidup, yang telah menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya.

Kadang tetep gak mengerti meski udah di ajar, udah liat tanda tapi ga ngerti-ngerti. Salah persepsi. Di situ Paulus dan Barnabas menjadi berdukacita dengan mengoyakkan pakaian mereka. Sebenernya bisa lho Paulus ama Barnabas menerima respek terus persembahan juga dari banyak orang itu. Iblis bisa pakai loh itu buat hancurin Paulus, curi hati mereka dengan dosa kesombongan, gila hormat. Tapi aku respek banget, Paulus dan Barnabas gak ambil kesempatan buat berdosa atau terima kenyamanan disana. Mereka sedih dan menyatakan kebenaran lagi. Fokus mereka bagus, gak gampang terdistract dengan hal-hal duniawi yang sebenarnya bisa banget buat jerat mereka.

Kisah Para Rasul 14:19 (TB)  Tetapi datanglah orang-orang Yahudi dari Antiokhia dan Ikonium dan mereka membujuk orang banyak itu memihak mereka. Lalu mereka melempari Paulus dengan batu dan menyeretnya ke luar kota, karena mereka menyangka, bahwa ia telah mati.

Penganiayaan kembali Paulus dan Barnabas terima karena mereka tetap berkata kebenaran. Sedih juga melihat orang yang gampang terhasut juga.

Kisah Para Rasul 14:20 (TB)  Akan tetapi ketika murid-murid itu berdiri mengelilingi dia, bangkitlah ia lalu masuk ke dalam kota. Keesokan harinya berangkatlah ia bersama-sama dengan Barnabas ke Derbe.

Tapi tangan Tuhan selalu menyertai mereka. Tuhan menjaga supaya mereka tetap selamat.

Bapa, keliatan nggak mudah ya. Bersyukur melihat iman mereka, tetap teguh. Mereka tahu tujuan hidup mereka jadi mereka gak goyah.

Bapa, bantu aku untuk bisa terus semangat ya. Today, aku mau semakin enjoy berjalan dengan Tuhan. Glory glory haleluya 🎵

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik