Perumpamaan tentang domba yang hilang

Lukas 15:3  Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka:

Yesus, selalu memberikan pengajaran kepada orang-orang yang mengikuti Dia. Yesus ga cuma mengajar di tempat-tempat ibadah, tetapi ketika ada kesempatan Yesus akan lakukan itu. so cool! Yesus kasi contoh, ketika sedang kumpul, kasi pengajaran, menurut aku sangat bagus, karena sebenernya jadi bisa jaga orang-orang daripada ngegosip. Sering banget kalo kumpul, eh ada gosip apa?! eh jatuhnya ngegosip. Tapi Yesus menggunakan waktu berkumpul untuk membangun anggota-anggotanya. Memang beda ya, manusia yang sangat punya misi di dalam hati dengan yang cuma followers.

aku juga belajar, bagaimana Yesus mengajar, Yesus pandai masuk ke semua kalangan dengan berbagai analogi dan perumpamaan, jadi orang yang mendengar gampang untuk memahami. Daripada hanya memberikan teori yang susah, justru Yesus membuatnya menjadi sederhana.

Perumpaan tentang domba yang hilang, bagaimana disana mayoritas penduduknya beternak domba, jadi akan lebih mudah merelasikan apa yang menjadi inti dari apa yang Tuhan mau sampaikan.

Begitu berharganya satu domba itu, sampai Tuhan sendiri mau cari satu domba itu dan meninggalkan yang 99. Tuhan cari sendiri, ga suruh hamba buat cari, padahal Gembala itu pasti uda capek banget. Tapi dia tetap pergi cari! Saat aku tahu, ada sister or brother yang missing, kalo aku berasa dekat aku juga pasti cari, aku chat aku tanyain. kalo ga dibalas, aku coba tanya orang-orang terdekatnya or keluarganya, ga ketemu lagi baru aku pergi cari dia. tapi dengan bro sis yang biasa aja meski satu grup, mungkin juga aku ga peduli.

jadi aku sangat mengerti betapa berharganya satu domba itu. Aku sangat bersyukur karena Yesus pergi mencari aku. Ternyata diriku seberharga itu. prim pantes ga sih, kamu dah tau yang begituan, tapi kamu kadang masi berasa berjalan sendiri, ga ada dipeduliin? capek sendiri?! kamu tuh kaya domba itu, mungkin domba itu berpikir duh mana nih gembalaku, aku ditinggalin sendiri di tempat asing, lelah, lapar, emosi?! dengan kumpulan domba sebanyak itu, ga sebenarnya ga akan susah dan tersesat kalo domba itu tetap ada ada lingkaran kawanan. tapi bisa-bisanya hilang. Yah berati satu domba itu yang bebal atau memang mau memisahkan diri.

Bapa, maaf ya. aku bisa ga bersyukur dan sedih dan negatif. Dengan perumpamaan ini, tahu lah pasti aku yang bermasalah. aku tertarik entah dengan apa yang membuat fokus utama ku hilang. Bersyukur, Bapa juga ga lelah untuk aku. Aku mau juga melakukan untuk yang lainnya Bapa. Satu demi satu.

Lukas 15:7  Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan."

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik