Seberapa aku harus memberi

Lukas 6:29-30  Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu.
Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.

I really really really amazed 😱. Dengan tingginya standard mengasihi yang Yesus punya, can't i?

Yesus bilang beri pipi kanan ketika kamu ditampar di pipi kiri? aku teringat suatu scene di film hacksaw ridge. Ketika Desmone dipukuli, ditantang untuk membalas ketika dia dipukuli. Tapi dia balas dengan perkataan "Tuhan gamau itu, bible bilang kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri, berikan pipi kananmu ketika orang memukul pipi kirimu". Aku lihat itu, aku bisa berpikir, desmone itu pecundang. Sama seperti orang-orang yang memukuli dia. Desmone sama sekali ga punya keberanian untuk memukul. Bagaimana punya hati yang seperti itu? aku aja sering senggol bacok, kalau orang sudah mulai melewati benteng zona nyaman ku. Yesus mau supaya aku gak membenci orang yang menyebalkan itu, tapi membenci dosa nya dan mendoakan supaya orang tersebut bertobat bukan kamu mencari pembenaran. Hati-hati prim, supaya kamu ga salah berdoa.

Jadi apa ukurannya tentang memberi? Yesus bilang, *berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu* apakah semua orang yang meminta harus aku beri? sepertinya sesuatu yang mustahil untuk aku lakukan. Terlihat bodoh nampaknya, gak masuk akal sama sekali.

aku sangat amazed loh ama bible. ketika aku muncul pertanyaan ternyata ada jawabannya juga disana.

*Mintalah kepada Bapa supaya memberikanmu hikmat dan pengertian yang benar*

Efesus 1:17  dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.

*berikan hal yang berguna bukan yang diinginkan*

1 Korintus 10:23  "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

Ukurannya apa? Lihat apa yang kamu akan berikan, berguna atau tidak? selama yang kamu bisa beri dan apa yang kamu beri tidak menyebabkan orang itu berdosa atau kamu menjadi berdosa, it's oke. Mintalah hikmat, supaya apa yang kamu berikan itu benar dan berguna. Seek advice dahulu kalo kamu rasa perlu prim!

Lukas 6:30b dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu.

ketika memberi ada ekspektasi untuk mengharapkan balasan?

Tuhan bilang berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan? 😱 aku mengerti, bagaimana harus tulus dan juga murah hati.

Selalu ingat bagaimana Tuhan sudah memberikan kasih karunia kepada saya! ketika saya sudah mulai ga tulus, saya mulai itung-itungan dalam mengasihi, ketika saya marah dan hendak menyimpan dendam. Just look at Christ! bagaimana dengan kelimpahan Kristus telah mengampuni saya yang sebenarnya secara logika ga pantas untuk diampuni lagi?  but, Jesus did.

Lukas 6:35  Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

Bapa, Kuatkanlah aku supaya aku mampu melakukan apa yang Tuhan mau! Ingat kenapa aku harus mengasihi! bukan karena itu sekedar perintah, bukan supaya baik dipandang orang, bukan supaya aku dapat rewards dari manusia dan untuk membanggakan diri aku, bahwa aku mampu dan bisa! Tapi karena Tuhan sudah memberikan kasih-Nya terlebih dahulu kepada saya.

Thank you untuk loveMu 💕

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik