Mengkonfirmasi hal yang didengar

Yosua 22:5  Hanya, lakukanlah dengan sangat setia perintah dan hukum, yang diperintahkan kepadamu oleh Musa, hamba TUHAN itu, yakni mengasihi TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, tetap mengikuti perintah-Nya, berpaut pada-Nya dan berbakti kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu."

Tuhan berikan rewards untuk orang-orang yang terus setia menjaga kekudusan hidupnya dan obey kepada Tuhan. Bangsa Israel yang akhirnya memiliki tanah dan kehidupan yang damai, tetapi Yosua tak henti-hentinya mengingatkan bangsa itu untuk selalu *setia* dan *mengasihi Tuhan, menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya*

Yosua 22:11-12  Lalu terdengarlah oleh orang Israel itu cakap orang: "Telah didirikan mezbah oleh bani Ruben, bani Gad dan suku Manasye yang setengah itu, mezbah menghadap ke tanah Kanaan, di Gelilot pada sungai Yordan, di sebelah wilayah orang Israel."
Ketika hal itu terdengar oleh orang Israel, berkumpullah segenap umat Israel di Silo, untuk maju memerangi mereka.

Mereka menjadi marah ketika didengar bahwa ada beberapa suku dalam israel mendirikan mezbah. Mereka gak main-main, bahkan hendak datang kepada ruben, gad dan manasye ini untuk berperang, karena bangsa israel pikir mereka sudah murtad dan berbalik dari Tuhan setelah apa yang Tuhan berikan buat mereka. Mereka benar-benar mau *jaga* apa yang diperintahkan Tuhan, sehingga mereka menjadi kesal saat ketiga suku itu mendirikan mezbah.

Yosua 22:27-29  tetapi supaya mezbah itu menjadi saksi antara kami dan kamu, dan antara keturunan kita kemudian, bahwa kami tetap beribadah kepada TUHAN di hadapan-Nya dengan korban bakaran, korban sembelihan dan korban keselamatan kami. Jadi tidaklah mungkin anak-anak kamu di kemudian hari berkata kepada anak-anak kami: Kamu tidak mempunyai bagian pada TUHAN.
Lagi kata kami: Apabila di kemudian hari demikian dikatakan mereka kepada kita dan kepada keturunan kita, maka kita akan berkata: Tengoklah bangunan tiruan mezbah TUHAN itu, yang telah dibuat oleh nenek moyang kami. Bukan untuk korban bakaran dan bukan untuk korban sembelihan, tetapi mezbah itu menjadi saksi antara kami dan kamu.
Jauhlah dari pada kami untuk memberontak terhadap TUHAN, dan untuk berbalik dari pada TUHAN pada hari ini dengan mendirikan mezbah untuk korban bakaran, korban sajian atau korban sembelihan, mezbah yang bukan mezbah TUHAN, Allah kita, yang ada di depan Kemah Suci-Nya!"

ada kesalahpahaman disana, dan mereka bisa *membereskan*. Sempat ada salah pengertian yang hampir saja membuat mereka berperang satu sama lain. Bukan karena dosa, tapi karena bangsa israel ini gamau banget, salah satu dari sukunya sampai berjalan ke jalan yang salah lagi. Mereka *peduli* sehingga ketika melihat yang tidak beres mereka datang untuk menegor. Meski sebenarnya mereka salah paham, tapi orang-orang itu mau tetap datang dan *menanyakan*, gak cuma dipandang, terus ada pikiran negatif terlintas, tapi gak mau peduli.

Bapa, mereka ini berfungsi sebagai keluarga, mereka punya *keberanian*, mereka gak jadi orang yang munafik yang bilang hal yang baik baik saja, tetapi mereka mau bicarakan kebenaran dan apa yang Tuhan mau. Gimana aku? kamu hidup di zona aman aja?! cuci tangan, udah gamau ikut campur, yang penting aku ada di zona damai atau kamu mau datang untuk menanyakan kebenaran? mengkonfirmasi kesalahpahaman dan pikiran negatif yang ada? mau menegor yang salah? atau kamu terlalu pengecut untuk melakukan itu?

Bapa, aku kadang akan memilih supaya aku gak terlibat dalam sesuatu yang rumit, sesuatu yang bakal menghabiskan energi, atau membuat aku dijauhi. Tapi orang-orang israel, mereka tidak tinggal diam melihat apa yang mereka dengar, mereka pergi untuk menanyakan dan mengkonfirmasi itu sebagai satu keluarga.

Yosua 22:33  Hal itu dipandang baik oleh orang Israel, sehingga orang Israel memuji Allah dan tidak lagi berkata hendak maju memerangi mereka untuk memusnahkan negeri yang didiami bani Ruben dan bani Gad itu.

akhirnya ada sukacita disana, setelah mengkonfirmasi apa yang meresahkan hati mereka. Begitulah seharusnya, bukan menjadikan issue sebagai gosip, tapi mereka langsung pergi untuk mengkonfirmasi secara langsung.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik