Dipersatukan dalam Kristus

Efesus 2:11-15  Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu — sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat", yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, —
bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia.
Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus.
Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,
sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, 

Bapa, happy ya Be. aku lega kabar nita baik, dan melisa juga baik. Aku bersyukur Bapa, terus juga ka dinar dia bilang dia mau bertobat dari kemalasan dan keegoisan. Meldi kemarin studiin orang ya. Rina am lady ga nyerah untuk terus mengasihi. Merci yang tetep mau lakukan meski ada kekuatiran dalam pikirannya. Happy banget melihat tangan Tuhan mau memberikan kesempatan untuk kami bertumbuh.

Bapa happy, tapi agak2 ngantuk aku Be. Bapa, aku baca lagi perikop ini. Memang aku lihat dizaman itu di efesus ada perseteruan, antara orang yahudi dan non yahudi. Di versi niv dibilang jews and gentile reconciled through Christ. Bersyukur banget aku Bapa, Kalo Kristus gak mati buatku 2000 tahun lalu. aku gak akan masuk ke dalam perjanjian yang diberikan Tuhan, yaitu keselamatan. Karena dulu Tuhan berjanji memberikan keselamatan hanya kepada bangsa israel.

Aku juga belajar, karena orang Yahudi pada masa itu merasa dirinya lebih spesial daripada yang lain dan memandang rendah bangsa lain. Tapi paulus menegor mereka. Semua sudah dipersatukan.

Efesus 2:19-20  Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,
yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.

gak ada lagi orang asing atau pendatang, melainkan kita menjadi warga dalam tubuh Kristus. Semua sama, ketika seseorang sudah decided untuk mengikut Kristus, artinya dia sudah masuk sebagai bagian tubuh Kristus. Gak ada penggolongan, wah dia ini group orang terpandang, oh group yang itu golongan menengah, yang satu lagi golongan pemikir, membosankan, group yang awesome, yang itu lemah jangan ama mereka deh. Gak ada semua itu!!! semua sama, satu bagian dalam tubuh Kristus, semua memperoleh janji yang sama dan menjadikan Yesus sebagai batu penjurunya. Aku tertusuk Bapa, aku pernah ngomong gamau ah di group yang itu orang-orangnya terlalu dewasa, aku gak bisa. gak ngerti, aku ga kuat dan ga berkapasitas disana. Salah banget itu. Bapa, maaf ya aku sering merasa aku masih anak-anak, ga dewasa, ga mau mikir yang berat-berat. Tapi aku murid Yesus, aku harus punya keinginan dan kemauan untuk ditempatkan dimanapun selama aku bisa bertumbuh disana. Tuhan pasti tahu memenuhi kebutuhanku. Tuhan tahu apakah aku bisa mampu atau enggak. Tertusuk Bapa.

Aku ingat, pelajaran bbc, strugling. Tuhan tahu gimana selalu memberikan yang kita butuhkan terlebih dahulu sebelum kita bisa melakukan panggilan-Nya.

Efesus 2:21-22  Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan.
Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.

Bangunan, kalo aku ditanya bangunan aku sangat suka membayangkan sebuah bangunan pilar-pilar yang besar. bangunan kaya model-model roma italy. Gak ngerti, suka bangunan model begitu. Semua sama, akan menjadi bahan untuk membangun bangunan itu menjadi bait Allah yang kudus di dalam Tuhan. Bersyukur Tuhan, aku belajar gak ada pengkategorian lagi. Satu tubuh, daripada memusingkan hal yang gak penting mending berusaha untuk conect one another.

Semangat hari ini. Selesein materi buat training minggu depan. Pasti bisa.

Thank you Bapa. 💕

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik