Kamu takut diekspek?!

Bapa, aku amazed ya ama Yosua ini sebenarnya, karena mau lihat background nya aku baca beberapa ayat referensi tentang Yosua.
Yosua ini adalah pengintai, dan dia telah membantu musa dalam mengatur dan memimpin perang.

Keluaran 33:11  Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu.

Ternyata Yosua juga merupakan orang yang masih muda, ketika dia mulai melayani Musa. Aku juga melihat bagaimana Musa mendidik si Yosua ini. Aku rasa Musa pun berekspektasi banyak terhadap sosok Yosua.

Bilangan 27:18-20  Lalu TUHAN berfirman kepada Musa: "Ambillah Yosua bin Nun, seorang yang penuh roh, letakkanlah tanganmu atasnya,
suruhlah ia berdiri di depan imam Eleazar dan di depan segenap umat, lalu berikanlah kepadanya perintahmu di depan mata mereka itu
dan berilah dia sebagian dari kewibawaanmu, supaya segenap umat Israel mendengarkan dia.

Pekerjaan yang berat, untuk memimpin bangsa Israel. Aku bayangin ya bagaimana si Yosua ini diekspek banyak orang nantinya. Musa aja yang memang sudah sangat berpengalaman karena background dia juga yang ahli dalam perang, dan telah memperlihatkan banyak mujizat untuk bangsa Israel bisa keluar dari Mesir ke tanah perjanjian, kewalahan membimbing bangsa Israel, apalagi Yosua yang mungkin hanya diliat sebelah mata, karena Yosua masih muda dan gak memiliki gelar seperti Musa. Pasti Yosua memiliki rasa takut juga.

Ulangan 3:28  Dan berilah perintah kepada Yosua, kuatkan dan teguhkanlah hatinya, sebab dialah yang akan menyeberang di depan bangsa ini dan dialah yang akan memimpin mereka sampai mereka memiliki negeri yang akan kaulihat itu.

Beberapa kali Tuhan bilang supaya Yosua menguatkan dan meneguhkan hatinya. Aku bisa related ya, sama lah aku seorang yang gak suka di ekspek. Aku takut mengecewakan dan dimarahi. Apalagi dimarahi sama orang-orang terdekat atau orang-orang yang aku respek. Pernah berpikir mau jadi orang yang bekerja dibalik layar aja, karena gak akan banyak orang tahu. Jadi orang lain gak akan memiliki banyak ekspektasi terhadap aku, jadi aku gak perlu tertekan, terikat, dan melukai orang. Tapi setelah banyak aku belajar dan baca Firman Tuhan, aku jadi tahu, Tuhan gamau aku jadi orang yang biasa-biasa saja. Aku tidak banyak memiliki keberanian. Tapi bersyukur aku juga memiliki guru yang mereka berani beriman atas aku untuk aku bisa bertumbuh dan memiliki tanggungjawab yang semakin besar.

Bapa, aku juga baca, beberapa kali juga Tuhan membesarkan Yosua supaya bangsa Israel mau mendengarkan apa yang Yosua katakan dan mau melakukan apa yang Yosua perintahkan.

Yosua 4:14  Pada waktu itulah TUHAN membesarkan nama Yosua di mata seluruh orang Israel, sehingga mereka takut kepadanya, seperti mereka takut kepada Musa seumur hidupnya.

Mungkin secara emotional Yosua adalah orang yang berhati kecil, tapi Tuhan mampukan dia, bahkan Tuhan bisa membuat semua orang respek dengan Yosua. Kamu masi takut atau kuatir prim? Karena usia? Karena pengalaman? Karena tuntutan? Gamau di push atau ditekan untuk melakukan hal-hal yang kamu rasa kamu gak berkapasitas disana? Just obey, seperti Yosua juga obey. Tuhan akan memperlengkapi kamu, dengan buah-buah Roh. Tapi kamu juga harus tahu prim, kamu harus menjaga kekudusan, menjaga hati dan diri kamu dari dosa.

Bapa, beberapa hari ini rasanya sangat malas sekali untuk bangun pagi Bapa, aku minta maaf, padahal tiap hari ada aja aku baca ayat tentang bangun pagi-pagi. Aku harus melawan kedagingan itu, terus juga aku minta maaf kalau aku licik, gamau dilihat buruk, bahkan kadang aku mau ambil kredit Tuhan buat diriku bukannya bener-bener murni melakukan kegiatan atau puasa untuk Tuhan. 😢 maaf ya Be. Aku gamau hubungan aku ama Tuhan terganggu. Bapa, tolong besarkan hati aku juga. Aku mau Bapa pakai aku lebih, supaya Bapa tersenyum, supaya Bapa bangga, dan nama Bapa semakin dipermuliakan. Mungkin aku ga akan pernah siap ya kalo ditanya, tapi Tuhan akan menyertai kalau aku tetap mengerjakan dan patuh terhadap apa yang Tuhan perintahkan. Mohon jaga hatiku juga ya Bapa, supaya gak ada kesombongan tapi tetap rendah hati, tetap kudus supaya Tuhan tetap mau berkerja melalui hidupku dan melakukan perkara yang besar.

Yosua 4:24  supaya semua bangsa di bumi tahu, bahwa kuat tangan TUHAN, dan supaya mereka selalu takut kepada TUHAN, Allahmu."

Seperti ayat 24 ya, tangan Tuhan itu kuat, Tuhan bisa membawa bangsa Israel menyebrangi sungai yordan. Betapa kuatnya Tuhan itu. Takut akan Tuhan adalah permulaan dari pengetahuan. Tuhan itu kuat, gak perlu ada ketakutan. Bapa akan bantu. Aku percaya. Thank you Father. 💗😘

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik