Bapa akan berikan pertolongan yang tepat

Bapa, selamat pagi. Thank you, serius aku bangun bisa langsung bersemangat karena makan lemon. Bapa, Luar biasa. Hampir seminggu sangat bergumul dengan susahnya minta ampun buat bangun pagi, uda bangun nih pergi keluar kos, balik kos bisa aku ketiduran lagi. Mengerikan. Gara-gara aku mau kasi semangat tetty biar dia ga capek, mau bikinin air lemon tiap pagi buat tetty, terus tiba-tiba Tuhan kasih diskon lemon, haha mana lagi murah banget. Pagi ini aku bangun pagi siapin buat tetty dan juga buatku, abis makan lemon. Langsung melek nih mata. Amazed ama setiap cara Tuhan buat bantu.

Aku juga terharu Be, ama cici isye, project manager aku. Aku bilang masih kesulitan buat satu list kerjaan. Dia bantu googlingin, cariin materi, meski gak sesuai, tapi uda bikin aku tersentuh, masalahnya aku technical gitu Be. Orang lebih sering males ya buat bantu di arah situ. Ya meski itu juga karena tanggungjawab dia dikerjaan. Luar biasa banget Tuhan.

Aku related ama yang aku baca hari ini.

Yosua 5:14  Jawabnya: "Bukan, tetapi akulah Panglima Balatentara TUHAN. Sekarang aku datang." Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah dan berkata kepadanya: "Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?"

Ini adalah cerita ketika Yosua habis menyebrang sungai, dan sudah bersiap untuk menyerang kota Yeriko. Mungkin diantara bangsa Israel gak ada cukup orang yang ngerti tentang strategi perang yang bagus, karena mereka sudah terlalu lama di gurun dan musa uda mati. Tuhan kirimin gitu lho orang yang bakal bantu dan pimpin bangsa itu. Aku sangat amazed ama kebaikan hati Tuhan. Tuhan gak main-main ama janji-Nya. Di pasal satu Tuhan bilang. "Aku gak akan meninggalkan Engkau" Tuhan cuma minta kamu obey dan terus hidup kudus. Aku sangat bersyukur, Tuhan bener-bener ngerti banget apa yang aku perlukan. Pertolongannya gak pernah terlambat. Much pray, hidup obey dan kudus kepada Tuhan.

Aku juga belajar tentang adanya konsekuensi dari dosa dan ketidaktaatan.

Yosua 5:6  Sebab empat puluh tahun lamanya orang Israel itu berjalan melalui padang gurun, sampai habis mati seluruh bangsa itu, yakni prajurit yang keluar dari Mesir, yang tidak mendengarkan firman TUHAN. Kepada mereka itu TUHAN telah bersumpah, bahwa Ia tidak akan mengizinkan mereka melihat negeri yang dijanjikan TUHAN dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Bangsa Israel, gak diijinkan masuk Tanah Kanaan, karena mereka bersungut-sungut, karena mereka gak obey. Padahal bangsa pilihan, spesial, tapi mereka gak memilih melakukan yang benar. Aku rasa, banyak juga bangsa yang mungkin iri ama keistimewaan mereka. Tapi mereka ga jaga dan bersyukur untuk hadiah yang Bapa berikan.

Bilangan 14:34-35  Sesuai dengan jumlah hari yang kamu mengintai negeri itu, yakni empat puluh hari, satu hari dihitung satu tahun, jadi empat puluh tahun lamanya kamu harus menanggung akibat kesalahanmu, supaya kamu tahu rasanya, jika Aku berbalik dari padamu:
Aku, TUHAN, yang berkata demikian. Sesungguhnya Aku akan melakukan semuanya itu kepada segenap umat yang jahat ini yang telah bersepakat melawan Aku. Di padang gurun ini mereka akan habis dan di sinilah mereka akan mati."

Tuhan mau menunjukkan, bahwa Tuhan itu bisa murka dan memberikan hukuman buat orang yang tidak taat. Bapa mau orang-orang belajar dari sejarah. Bersyukur juga, aku ada di jaman ini dan aku bisa melihat journey tokoh yang ada di alkitab.

Yosua 5:9  Dan berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Hari ini telah Kuhapuskan cela Mesir itu dari padamu." Itulah sebabnya nama tempat itu disebut Gilgal sampai sekarang.

Tuhan tetap bimbing dan juga menghapuskan dosa angkatan di bawah angkatan yang keluar dari Mesir. Bapa, begitu baiknya. Bodoh banget kalo aku gak obey dan gak melakukan banyak karena "takut". Tuhan akan selalu berikan bantuan, kalo Tuhan melihat kamu gak mampu dan butuh dibantu. Aku mau menjaga hati dan mulutku. Supaya dipenuhi oleh perkataan yang baik, benar, membangun, dan memuliakan nama Tuhan. Kalo uda mau bersungut-sungut, ayo ingat segala kebaikan Tuhan, kalo udah mau mengeluh, mari puji nama Tuhan.

Bapa, bimbing aku, untuk menyelesaikan pekerjaanku hari ini, buat aku enjoy dan selalu bersemangat! 🙏

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik