Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan

Amsal 16:32  Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Kenapa ya sabar dibandingkan dengan pahlawan? apa hubungannya? Penasaran Be, pahlawan itu apa ya, dia itu super hero. Kenapa orang bisa disebut pahlawan? hmm, yah karena dia sudah memenangkan suatu pertempuran, pahlawan itu penyelemat di masa-masa yang sulit. Orang bisa jadi pahlawan di kantor misalnya, bukan karena dia santai-santai tapi pasti ada suatu hal yang dia achieved melebihi karyawan lainnya, orang ini pasti berjuang dan terus bertekun ketika orang-orang lainnya sudah putus asa dan menyerah. Ada ketekunan disana, ada perjuangan, ada penyangkalan diri, ada usaha untuk melewati limit yang dia punya gitu, sampai dia bisa dibilang sebagai pahlawan. Berati kesabaran itu penting banget di mata Tuhan, salah karakter yang musti aku punya.

Bapa, terharu banget ya Be, waktu tadi meita bilang kamu mau gak jadi sahabatku? lucu gitu Be, kaya ada perjanjian mau jalin komitmen. Tapi aku aku terharu bukan karena meita mengatakan hal itu. Tapi karena aku ingat waktu itu bagaimana komplain di grup baru, aku merasa aku gak punya partner, begitu menjenuhkan dan melelahkan, buat gak enjoy. But, liat sekarang? Siapa sih di group yang gamau bantuin ketika aku butuh pertolongan? ketika aku butuh nasehat? ketika aku butuh dukungan?! wow, Bapa kasih banyak banget yang aku butuh. Kalao aku tracking satu per satu, aku bener-bener bersyukur banget. 😭 jadi pengen nangis. Terharu banget Be. Thank you Bapa. Aku sangat bersyukur untuk hati meita juga Bapa, aku happy banget Be. That's very good to me. Aku jadi punya lebih banyak orang yang bisa bantu aku melihat blind spot nya aku, bisa bareng bareng aku buat lari di race kehidupan. Memang diperlukan kesabaran, Tuhan punya waktunya sendiri.

Amsal 16:9  Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi TUHANlah yang menentukan arah langkahnya.

Aku uda plan banyak segala kemungkinan terbaik dan terburuknya aku, tapi Bapa tahu waktu yang pas buatku, Bapa tempatkan orang-orang yang tepat pada waktunya.

Bapa, aku minta maaf lagi, karena aku gak sabaran. Aku sepertinya pengen permintaan aku itu terpenuhi. Tapi sepertinya Bapa mau aku enjoy banyak friendship supaya aku banyak belajar untuk mengenal orang lain dan dewasa secara emosi dan spiritual aku.

Aku perlu banyak make time untuk bersaat teduh, berdoa, baca bible, baca buku. Berdua ama Bapa. Gak hanya terlalu banyak lakukan aktivitas tapi Bapa gak ada disana bersama-sama dengan aku.

Aku bersyukur Bapa, biarlah kehendakMu yang jadi. It's not about me. Aku tahu Bapa.

Amsal 16:3-4  Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.
TUHAN membuat segala sesuatu untuk tujuannya masing-masing, bahkan orang fasik dibuat-Nya untuk hari malapetaka.

Aku berusaha, aku mau melakukan bagianku, tapi semua terserah ama Bapa. Aku juga menanti-nantikan buat Nita yang cari aku gitu Be, dia cerita sendiri tanpa aku harus tanya detail ke dia. Aku merasa akhir-akhir ini dia mulai cerita dan ngajak bicara duluan Be. Ya aku ngerti itu pasti Bapa yang bekerja. trust di dalam suatu hubungan. Gak bisa dibangun dalam waktu singkat, dan Bapa mau belajar bersabar dan bener-bener surender kepadaNya. Kalaupun belom terlihat hasilnya, harus terus lakukan saja, apapun itu untuk kemuliaan Tuhan. Bapa punya waktuNya sendiri. Just obey dan enjoy setiap proses!

Thank you Bapa. So amazing with Your grace. Aku ingin kenal Bapa lebih dalam, aku mau Bapa selalu tersenyum melihatku. Enjoy day by day with You Lord.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik