How to teaching

Morning Bapa, 😊

Be, sakit perut. Kayanya masih agak-agak stress gara-gara disuruh lead studi kemarin. 😅 Be, thank you ya for conducted me. Semoga aku ga salah ngomong. Bersyukur banget Be, ada lidya. Tuhan kirim dia memang buat aku ama nita bertumbuh. Aku jadi punya kesempatan untuk challenge diri aku, aku belajar banyak juga dari setiap pertanyaan yang dia utarakan, aku belajar untuk benar-benar berpegang ama Tuhan, Nita juga makin bersemangat, dan menjaga hati dia untuk Tuhan, Thank you Bapa. Someday sepertinya kita akan jadi satu grup kecil. Lucu juga haha kalo liat mereka bercanda-canda 😂 tapi grow secara iman dan karakter kami.

Amsal 19:18  Hajarlah anakmu selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya.

Aku belajar dari pasal ini, bagaimana cara mendidik dan membimbing orang. Salomo bilang hajarlah anakmu selama masih ada harapan!! Hajar, jambak, jambak 😂😂 bukan itu ya. Just kidding. Hajar terus dengan Firman Tuhan dan nasehat! Follow up bagaimana perkembangannya, jangan cuma kasih teori, udin. Gak dikasi pr ato tugas ato challenge dan juga kesempatan. Aku memang kurang berani. Kadang aku takut hurt orang kalo mau bicara dengan keras ato frontal, bukannya orang itu bertobat dan bertumbuh. Eh malah kepahitan terus bad attitude. 😢😫 Tegorlah dengan kasih. Itu yang gimana? Aku bisa menyesuaikan dengan bagaimana karakter orang tersebut. Apakah aku harus dengan perumpamaan, ato langsung dibicarakan dengan lembut, ato kasih contoh, ato harus dengan teguran yang keras?! Tuhan selalu punya cara untuk didik anak-anak-Nya.

Amsal 19:15  Kemalasan mendatangkan tidur nyenyak, dan orang yang lamban akan menderita lapar.

Kadang juga ini, hopeless. Kemalasan buat mengasihi orang lebih dulu. Tidur aja deh, malas mau mengasihi orang dan mau nya enak sendiri. Eh akhirnya dia sendiri yang kelaparan, karena nunggu orang lain untuk datang ke aku, nunggu dibaik-baikin dulu ama orang lain, nunggu orang lain mengerti apa yang kita mau! bukan begitu yang Yesus ajarkan. Tapi kasihilah orang lain karena Tuhan telah lebih dulu mengasihi kamu! 1 yohanes 4. Jangan malas untuk mau tahu tentang keadaan orang lain! jangan malas untuk bantu orang! jangan malas untuk bekerja! Tapi dengan segenap hati ketika aku melakukan pekerjaan untuk Bapaku.

Amsal 19:2  Tanpa pengetahuan kerajinan pun tidak baik; orang yang tergesa-gesa akan salah langkah.

Nah, tapi jangan juga jadi yang begini. Terlalu cepat bertindak tanpa berpikir, atau seek advice dahulu. Tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Padahal gatau. Jadinya sok tau. Bisa jadi salah langkah. Bijaksanalah dalam bertindak. Aku harus berdoa dulu. Mohon Bapa memberikan hikmat untuk aku memutuskan.

Amsal 19:20-21  Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan.
Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana.

Setelah minta nasehat, ya jadikan itu sebagai pertimbangan. Gak cuma, ah wajib nih minta nasehat tapi nasehatnya gak didengerin juga. Jadi buat apa? Jadilah rendah hati prim. Tapi gak telan mentah-mentah juga setiap masukan. Tapi bisa digunakan untuk bahan pertimbangan atau masukan.

Finally, kita memang sudah punya plan, tapi tetap keputusan Tuhan yang terlaksana. Aku ingat kotbah kemarin, apa yang kita lakukan itu cuma sedikit memodified perubahan orang. Tapi Tuhan bisa merecreated hati seseorang menjadi baru. Ada perumpamaan juga, aku hanya menanam, tetapi Tuhanlah yang memberikan pertumbuhan. Bebas Tuhan mau menentukan kapan batas-batas dan waktu untuk seseorang bertumbuh dan menjadi dewasa. Banyak hal yang dipakai. Lakukan aja apa yang menjadi bagian aku, meski kadang aku sama sekali gak bisa liat tanda-tanda akan berhasil. Ya, just do it, selama Tuhan memberikan kesempatan!!! Berimanlah dan milikilah keyakinan!!!

Semangat 😍😄

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik