Hikmat dan didikan

Bapa, bersyukur buat pagi ini. Nyenyak banget Be tidurnya, makasi banget ya Bapa. 😄 Bapa, kemarin kan chat ama seseorang ya, aku jadi penasaran loh. haha tapi yasudahlah. Thank you Bapa, buat segala pertolongan yang Engkau berikan di setiap hal yang aku kerjakan. Mulai bahaya nih, aku mulai malas itu datang, tapi aku tahu itu salah jadi aku mencoba untuk tetap lakukan. gamau terpaksa tapi mau lebih enjoy lagi Bapa. 😅😀

Bapa, aku baca amsal pasal 11 dan 12, nampak si penulis itu cerdas dan suka menggunakan metafora. Haha. Semua tentang nasehat. Tapi aku ngeh ada kalimat yang diulang berkali-kali gitu

Amsal 11:1  Neraca serong adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi Ia berkenan akan batu timbangan yang tepat.

tentang keadilan, meski kalimatnya beda sih ama yang selanjutnya. Aku tahu bahwa orang ini sangat menjunjung tinggi keadilan, Tuhan memang suka orang yang adil. Aku sendiri masih bingung untuk bisa berlaku adil, bingung, kadang malas ya jadi langsung aja, uda begini aja, atau malah bilang terserah kalian aja deh. Masi belom bisa gitu memutuskan sesuatu dengan adil dan bijak. Kedewasaan dan kebijakan bisa bertumbuh seiring waktu dan pengalaman hidup. Jangan pernah lupa ya prim, untuk pray, untuk meminta pertolongan dari Tuhan! Tuhan pasti beri kog hikmat buat prima, kalau kamu meminta dengan benar dan untuk tujuan yang benar.

Amsal 11:12-14  Siapa menghina sesamanya, tidak berakal budi, tetapi orang yang pandai, berdiam diri.
Siapa mengumpat, membuka rahasia, tetapi siapa yang setia, menutupi perkara.
Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada.

Aku selalu belajar untuk bisa berkata-kata dan menempatkan diri secara benar di setiap tempat. Berada di antara orang-orang yang suka pencemooh ato ditengah orang yang suka bergosip, sebenarnya itu bisa banget pengaruhi aku, karena sifat dasar manusia yang gampang meniru. Aku harus berhati-hati banget. Bersyukur ada Firman Tuhan yang selalu remind aku.

Amsal 11:24-26  Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.
Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.
Siapa menahan gandum, ia dikutuki orang, tetapi berkat turun di atas kepala orang yang menjual gandum.

Pernah ga sih merasa seperti ini, ketika udin hemat hemat banget tetep aja rasanya kurang mulu, eh pas lagi banyak giving entah kenapa malah rasanya itu banyak terima hal? Sering banget waktu masa masa kampus ato sma, wkwkw uda diirit-irit banget tapi sering kurang, bahkan ak ga bisa nabung. Kayanya terlalu ga bisa atur keuangan. Huhu. aku udin pos-pos in uang buat pengeluaran tapi kurang mulu, apalagi ak suka ngemil. Pas banyak giving, selalu ada aja juga yang aku terima dari Tuhan. Tapi aku ini sadar, aku orang yang sangat banyak menerima kebaikan Tuhan. Bijaklah dalam mengatur keuangan, kalau ada kesempatan memberi ya beri aja.

Amsal 12:9  Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri, dari pada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makan.

Nah, tapi harus wise juga. Kalo ada yang bisa dibagi ya bagi, tapi jangan sampai sombong dan lupa diri. Aku harus tetep humble dan wise dalam keuangan, jangan sampai malah jadi kurang. Giving nya ga cuma dalam hal keuangan tapi yang lain juga ya, perhatian, waktu, nasehat, tenaga maybe. Tuhan pasti kasih pengertian kog, aku cuma perlu lembutkan hati dan dengarkan apa kehendak Tuhan.

Amsal 12:11, 14  Siapa mengerjakan tanahnya, akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia, tidak berakal budi.
Setiap orang dikenyangkan dengan kebaikan oleh karena buah perkataan, dan orang mendapat balasan dari pada yang dikerjakan tangannya.

Amsal 12:16  Bodohlah yang menyatakan sakit hatinya seketika itu juga, tetapi bijak, yang mengabaikan cemooh.

Aku belajar buat bagaimana mengendalikan diri. Gak cepat marah yang meledak-ledak karena disitu dibilang bodoh! Banyak hal yang aku harus belajar Be, apalagi kalo ak merasa terganggu, aku bisa emosi jiwa terus mau ngamuk-ngamuk rasanya. Itu sangat melelahkan gitu Be. Mending aku enjoy in dan melihat dari sudut pandang yang positif.

Thank you Bapa, sudah diingatkan begitu banyak hal pagi ini. Terlalu banyak haha. aku mau tetep humble dan enjoy semua aktivitasku. Bapa, aku happy liat sisters di group yang uda pada semangat ya buat giving, semangat buat kenal dan peduli satu sama lain. So amazing liatnya, Bapa tersenyum juga ga ya? Bapa, thank you banget ya.

💗😘

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik