Hati-hati gunakan mulutmu

Morning 😄

Amsal 13:3-4  Siapa menjaga mulutnya, memelihara nyawanya, siapa yang lebar bibir, akan ditimpa kebinasaan.
Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.

Kata-kata yang keluar dari mulut itu harus dijaga ya prim! Aku masi sadar kemarin Be, rasanya mau meledak, aku bukannya mau pendam kesal, tapi aku mau behave. Sebenar uda mau keluarlah kata-kata kekesalan, tapi kemarin aku belajar, orang yang dikuasai amarah dan gak bisa menjaga mulutnya adalah orang bodoh! aku ulang-ulang ayat itu supaya aku sadar, dan aku bisa kendaliin diri. Bersyukur banget Roh Kudus selalu ingetin aku, lady juga pas banget kirim saat teduh dia, dia bilang Bapamu bapa yang mana? perintah siapa yang kamu ikuti itulah bapamu! iya bener, Bapa gw ajari aku untuk bersabar, untuk murah hati, untuk rendah hati, untuk gak membunuh, yes itu berasa berat banget kemarin. 😭 tapi bersyukur Bapa juga bantu dan temeni aku, sampai selesai apa yang aku kerjain kemarin. Bersyukur juga ada orang-orang yang encourage aku untuk tetep datang pda meski uda jam 9 Be. Aku ngerti karena lagi kesal, makanya mereka paksa supaya aku datang. so sweet banget mereka. Thank you Be buat meldi, ka dinar, ka novi ama ka anna. ci hanny juga 💗 Meski abis pda, sepanjang perjalanan pulang aku omel-omelin si meldi, aku tendang con pembatas jalan, buat keluarin kesalnya aku. 😭 terus dia ajak aku ngobrol, melegakan Be. Makasi ya Bapa, aku tahu itu semua dari Bapa. Kalo kesal ato marah memang the best choices itu cari bro sis di kingdom. Sahabat-sahabatku yang mengenal aku banget. Thank you Bapa. Untuk aku selalu menjaga mulutku. Gak sembarangan, gak jadi batu sandungan buat orang lain.

Aku juga ditegor lagi masalah kemalasan, kemarin ada bilang, Bapa pengen deh project fase 1 ini cepet kelar, udah mulai jenuh, mau kerjain yang baru-baru di list itu. Tapi gamau sombong huhuhu. gimana ya ceritanya. Bingung. Jam tidurku sangat ga teratur di project ini, semoga bonusnya banyak haha. 😂 aku juga harus mulai atur lagi supaya gak ganggu ministry, ato main ato pertemuan-pertemuan. 🌠 gak boleh malas malas. Apa yang buat kamu enjoy? melakukan kehendak Tuhan!!! Yeay 😊

Amsal 13:10  Keangkuhan hanya menimbulkan pertengkaran, tetapi mereka yang mendengarkan nasihat mempunyai hikmat.

Biarkan hatiku lembut untuk mendengarkan nasehat. Bapa, pengen banget aku pembimbingan, aku pengen belajar, pengen mendengarkan ajaran-ajaran, gali Firman bareng. Supaya aku belajar dari orang lain, sudut-sudut yang aku yang bisa lihat sekarang. Supaya aku gak malas untuk seek advice ya Be. Terus berasa haus dan lapar akan Firman Tuhan.

Amsal 13:13  Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Setelah aku belajar, berati tanggungjawab ku lebih besar, karena pengetahuanku juga bertambah, harusnya makin banyak lagi yang aku bisa lakukan untuk Tuhan. Sayang kalo aku tahu tapi aku gak take action. Bapa suka anak yang obey. Makasi ya Be.

Amsal 13:16  Orang cerdik bertindak dengan pengetahuan, tetapi orang bebal membeberkan kebodohan.

Bertindak dari pelajaran dari pengetahuan yang sudah ada, jangan mengulangi kesalahan yang sama, berulangkali. Bijaklah! Jangan malas mikir, jangan ambil tindakan ato keputusan!!!

Amsal 13:20  Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Yes, yes, yes! Hati-hati terhadap pergaulanmu! Bersyukur Bapa, ada ditempatkan diantara orang-orang hebat, pahlawan Tuhan, yang ditempatkan selama perjalanan hidup aku dengan Bapa juga. Thank you aku bisa merasakan kebaikan Bapa, dan juga kasih mereka buatku.

Amsal 13:24  Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya.

Ini susah nih buatku, kelemahan aku yang gak enakan orangnya. Susah mau didik orang ato bimbing orang, ato jadi pembawa damai. Tapi tegoran itu perlu bahkan Salomo bilang kalo perlu pake tongkat buat didik anak. Karena itu tanda bahwa orang tua sayang ama anaknya, kalo gak yawda biarin anaknya salah, diperlu dikasi tahu, gak perlu diajarin bertindak benar, gak perlu dijelasin mana yang benar dan salah asal anaknya senang. Itu jahat lah namanya. Berusaha Be! Bantu aku, tolongin aku ya Bapa.

So gratefull pagi ini Bapa. Aku ada permintaan Be, hehehe. Boleh gak ya!?! Please please 🙏 Biarlah kehendakMu yang jadi Bapa.

Semangat 😀

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik