Whom are we following?

Whom are we following?

Matius 1:1, 21-22  Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.
Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."
Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:

Matius 1:23  "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" — yang berarti: Allah menyertai kita.

what do you think God the Father was trying to reveal to us about his Son?

Bapa, akan mengaruniakan Yesus, untuk menggenapi Firman-Nya yang ada di kitab Yesaya dan Yesus akan menyelamatkanku dari dosa.

Matthew 2:1-12
Some people read this passage and think of Jesus as a king. Others focus on him being a
helpless infant born into humble circumstances.
What is your reaction and why?

Hmmm, Bapa, aku bingung kalo quite time pakai beginian. Huaaaa... Tapi aku mau tulis aja apa yang aku ngerti. Di perikop itu, aku melihat sikap dari orang-orang majus itu, mereka begitu bersemangat untuk berjalan untuk bisa melihat kelahiran mesias, yaitu Yesus. Mereka membawa hadiah yang terbaik yang bisa mereka siapkan untuk menyambut bayi Yesus. How about me? Apakah aku excited mengetahui aku punya seorang Juruselamat? Apakah aku juga akan pergi mencari tahu? Mau belajar? Pengen kenal dan pengen ketemu siapa Yesus itu?
Bayangin ya kalau aku denger kabar, terus aku harus pergi ke tempat asing nan jauh, pasti mikir banget, apalagi harus pergi dari zona nyamanku. Aku rasa aku akan sangat bergumul, seperti kemarin moses bilang mau pergi ke tempat serigala yang aku gatau apa yang bakal aku hadapi. Tapi orang-orang majus ini mau pergi. Seharusnya aku sama. Aku punya hati yang seperti itu juga, punya iman. Kalo Bapa suruh aku kemana pasti disana aku bisa melihat kemuliaan Yesus yang dinyatakan. Ah jadi ingat hari ini harus ke everbest Bapa. Aku ngeri. Mana ada satu pending belom aku kerjain. Aku ga sempet, kemarin mau aku kerjain  remote nya dipakai terus. Malam nya uda kecapean Be. Huhuhu. Bantu aku ya Bapa, today.

What does it say about our Savior if the first picture he gives us of himself is so sweet paradox?

Bapa, ingin mencontohkan, gak perlu kemewahan. Tapi Yesus dilahirkan di tempat yang gak keren, di kandang domba. Seorang raja, masa lahir di kandang domba?? Bapa, sungguh mau memperlihatkan bahwa ditempat manapun aku bisa dipakai ama Tuhan. Siapapun aku? Meski banyak keterbatasan dan kelemahan aku, Bapa tetep bisa pakai. Being surrender, and then confident!!! Yesus itu rendah hati dan tidak mengumbar harta duniawi. Jadi semua orang bisa kenal Yesus. Coba Yesus lahir di kerjaan, pasti susah bagi semua kalangan untuk bisa dekat dengan Dia pada zaman itu.

Matthew 3:7-10
The word Repentance comes from the Greek word metanoia, which implies, “change the
way you think, and while you’re at it, change your heart”. John the Baptist preached about
the coming of the Kingdom of God (also called the Kingdom of Heaven in this Gospel
which was primarily written for Jews), and the first criteria for entering this Kingdom was
a change of mind and attitude and heart. In fact, as we will see, throughout this Gospel,
Matthew will highlight how different the world’s values are with Jesus’.

what are some of your core belief in life? Take some time to think about them, and write them down.

aneh juga, aku jadi bingung lagi ama pertanyaan ini. bahwa gak ada jalan lain ke kerajaan surga, selain daripada Yesus. ubah mindset aku, dan lakukan pertobatan. Keyakinan utama aku adalah aku percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamatku.

as we make new discoveries together during this quiet time journey, are you prepared to change your core beliefs in case they contradict with the value of following Jesus?

Keyakinan apa? Menurutku pertanyaan ini sangat luas, aku ga ngerti jawabnya. Kalo dari ayat referensi, adalah ajakan pertobatan dan baptisan. Jadi aku yakin juga bahwa untuk mulai mengikut Yesus, aku harus satu visi ama Yesus, aku harus hidup benar dan kudus. Langkah awal adalah aku harus bertobat, melakukan hal yang sesuai dengan pertobatan itu. Kemudian aku mengambil keputusan dan komitmen kepada Tuhan, dengan Baptisan. Aku percaya Yesus adalah Juruselamat.

what are the fruits in your life that have been produced in keeping with your repentance?

1. kesabaran, ak bisa memiliki penguasaan diri yang lebih baik daripada sebelumnya, bagaimana ak bisa gampang ngambek. Ya semua karena Tuhan ubahkan.

2. menjaga pikiran dari pikiran negatif dan pikiran kotor. Lebih banyak digunakan untuk memikirkan hal-hal yang baik, suci, dan berkenan buat Tuhan. Gak banyak melamun, mengisi waktu dengan melakukan kegiatan yang berguna.

3. menyangkal diri dari kemalasan.

4. berani berbicara dan peduli dengan keadaan sekitar.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik