Whom Are We Following? PART II

Bapa, sangat bersyukur ya. Thank you banget untuk bantuan Bapa, aku tahu tangan Tuhan bekerja seharian kemarin. Meetingnya lancar, meski cukup sibuk dan syok karena tiba-tiba datanya 'rusak' tapi bersyukur, suasana kemarin enggak setegang di bayangan aku. Aku kira hari kemarin aku bakal dengerin omelan, dan komplenan dari user gara-gara user ngajak berantem semua emailnya. Sangat bersyukur kemarin, bahkan bos besar nya si user ngertiin kondisi nya kami dan malah tegor tim user nya. Bapa, aku tahu semua karena kebaikan Tuhan. Thank you banget ya Bapa.

Pagi ini belajar dari matius 4. Bagaimana Yesus dicobai di padang gurun.

Matius 4:1  Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis.

If even the Son of God was tempted by the Devil, it is no surprise that we are tempted.
In what ways has the Devil been tempting you? How persuasive is he?

absolutely true. iblis hobi banget menggoda, terutama mempermainkan mindset dan pemikiran aku. Dalam hal apa pasti dia akan serang titik lemahnya aku. Aku sebenarnya sangat tahu, aku lemah dalam 'relationship', aku takut kehilangan jadi aku akan berusaha keras buat manage setiap hubungan dengan yang lain. Tapi aku heran orang-orang malah bilang itu kekuatan aku 'value friendship'. Gak jarang, iblis membuat aku terlena, dia bisa pakai semua, ketika aku sedih or merasa ditinggalkan atau ketika aku senang or merasa sangat dikasihi. Aku bisa mulai melenceng, menjadikan mereka berhala nya aku, dan malah aku gak melihat ke Tuhan tapi yang aku lihat adalah orang-orangnya. Salah banget. Ampun Bapa. Persuasif banget lah si iblis, tiba-tiba pas aku sendirian jadi parno, kog mereka ga ada hubungi aku, uda lupa mereka, jangan-jangan mereka dah bosan, dll. apalagi kalo lagi sendirian bisa negatif thinking kemana-mana. Makanya aku suka melakukan banyak kegiatan dan mencoba hal-hal yang konyol supaya otakku bekerja terus. haha.
Masalah kesombongan juga, sepertinya aku ini sombong karena aku kadang suka banding-bandingin sesuatu, karena aku harus doing the best apa yang mau aku dapetin dan aku suka. Pernah anggap itu karena hasil kerjaku. Cukup menyenangkan sebenarnya, kalau dipikir.
Kemalasan, pilih-pilih kerjain mana mana aja yang cuma disuka, gamau kerjain yg beda dengan kesukaanku. Bisa emosi juga, kalo dipaksa melakukan yang ga aku suka.

Iblis bisa pakai apa aja sebenarnya dan dia sangat persuasif, kalau gak ada Roh Kudus pasti uda hancur banget diriku.

Q: According to 1 John 2:16, we are supposed to walk as Jesus did. How do you deal with
temptation? How does that compare with how Jesus dealt with temptation? Write downsome examples of how you have used the scriptures to push the devil back, and if it applies,
write down an area in which you could do better.

1 Yohanes 2:16  Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

bagaimana cara aku mengatasi pencobaan? menjaga hubungan yang dalam dengan Bapa. Aku bisa memiliki saat teduh yang dalam, enjoy saat teduh, bukan karena kewajiban atau target yang mesti dicapai. Berdoa, meminta kekuatan dari Tuhan, Mohon Bapa bekerja dan berjalan bersama-Ku sampai badai terlewati. karena daging itu sangat lemah, kaya kalo lagi di mall ngeliat apa pun kalo menarik meski ga butuh, tiba-tiba badan udah melangkah ke sana. Haha. Karena itu penting banget untuk menjaga hati. Roh Kudus akan sering alert aku kalo hubunganku ama Tuhan deep. Kemudian, terbuka, aku akan bilang apapun itu bahkan hal yg kadang malu buat aku bicarain ke sahabat-sahabatku, bisa aku langsung telp ya. Bersyukur ada orang yang selalu bisa ditelpon dan mendengarkan ceritaku. dreams, haha. Gak perlu disebut siapa aja. Then, gak menjauh dari pertemuan-pertemuan ibadah, karena itu akan selalu remind aku bagaimana aku harus melangkah dan mengambil keputusan.

Q: Jesus used three scriptures to fight Satan that illuminate some of the basic principles by
which disciples should live. On a scale of 1-5, with 1 being not at all and 5 being most of the
time, how would you rate yourself on living by these principles in your life right now?

i) Living by the word of God (4)
Meski belum banyak, aku baca bible, tapi sebagian yang sudah aku baca dan aku ingat, aku selalu mau jalanin dalam hidupku. Firman Tuhan suka alert pas aku mau melakukan hal yang salah, terus bikin aku merasa bersalah, akhirnya nyesel, bertobat. Di dunia perkonsultanan itu, bisa ga sadar, menutupi kesalahan ato boong. Lebih ke si pre sales sih.

ii) Not putting God to the test (5)
Mencobai Tuhan sepertinya no, kalo mencobai diri sendiri maybe.

iii) Worshipping God and serving him only? (3)
Nah yang ini masih parah banget, kelemahan aku, bisa buat apapun yang aku lagi suka jadi berhala dan aku sembah. Gak sadar. Bersyukur aku selalu diingatkan, jadi bisa cepat-cepat bertobat.

Matius 4:17-19  Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"
Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.
Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia."

When Jesus began to preach, what was his sermon about (vs.17)?

Yesus memulai kotbahnya dengan mengajak dengan pertobatan. Karena pertobatan adalah menunjukkan seberapa serius kita mau mengenal dan mengikut Yesus. Pertobatan adalah bagian yang harus aku ambil. Gak bisa orang lain ambil ato dari bagian Tuhan.

When it comes to being fishers of men, who calls us to do that? Is it our Bible Talk
leader? Our church leader? How does a proper understanding give us more motivation?

Sebenarnya panggilan buat menjadi penjala manusia bukan cuma untuk pemimpin gereja, tapi untuk semua orang. Bahkan di perikop itu, Yesus panggil orang biasa seperti nelayan, nelayan gak terlihat punya kedudukan sosial yang bagus, bahkan nelayan tidak dianggap kaum terpelajar saat itu. Tapi Yesus mau pakai Petrus. Jadi, gak bisa beralasan juga aku, aku ingat dulu pernah bilang 'aku gak pede, aku merasa gatau banyak, gak punya experience tentang bible, aku grogian kalo ngomong, aku susah ngomong perasaan, pendapat dll' Tapi uda tertepis semua alasan itu. Tuhan gak liat seberapa banyak skill yang aku miliki, tapi Bapa liat kemauan aku, yang penting mau dan berkomitmen, dan dalam perjalanan Tuhan sendiri yang akan menambahkan skill atau apapun yang kita butuhkan untuk menginjil. Tantangan banget. Haha. Tapi bersyukur juga, aku punya lady. Dia kirim aku chat waktu hari minggu kemarin "pergi berdua dua" haha. Maksudnya memang disuggest untuk punya partner ketika fishing, jadi bisa melengkapi. Aku selalu takut haha. Tapi harus mau! Harus bisa! Bapaku, Allah yang Maha Kuasa. Tapi ga munafik juga, ada perasaan takut, ato malas. ampun.

Q. How have you grown as a fisher of men since your decision to follow Jesus?

Nah, kadang pertumbuhan bisa dilihat oleh orang lain. Kalau yang aku lakukan adalah terus belajar dan menggali Firman, gak gampang puas! Mencoba, bahkan hancurin batasan-batasan yang mungkin udah membatasi kinerja aku dengan kekuatan dari Roh Kudus tapinya. Jaga kemurnian dan kekudusan, jaga hubungan yang deep ama Bapa. Ada masa gak enak juga, lemah, capek, tapi coba buat koreksi diri, coba lagi untuk bangkit. Susah banget itu, karenanya jangan sampai jatuh lagi. Bapa, help me please.

What is one adjustment you could make in your life and/or schedule that would help
you grow in this area?

Cari partner yang sevisi, yang bisa membantu pertumbuhanku untuk menginjil. Partner yang bisa membimbing aku, kasih pembimbingan, masukan, pembelajaran tentang kebijaksanaan dan pengetahuan dan tentang bible. Partner yang bisa diajak tangan kotor ke jalan jalan buat ajak ibadah, buat fishing. Partner yang bisa encourage aku, memberi semangat, menemani aku. Partner yang bisa kasi input buat aku, dan challenge aku sesuai dengan pertumbuhanku.
Yang paling penting adalah jaga hubungan ama Tuhan dan kemurnian.

Thank you Bapa. Bantu aku hari ini, bakalan banyak kerjaan ama Yessy, tapi ada kerjaan tanggung juga ama mba Mitha. Biar aku bisa kerja efektive, mau juga nanti bisa pembimbingan ato st sebelum pda. Bisa ga ya, tapi kalo ada yang aku bisa bawa mungkin ga bs st. Gpplah. Thank you Bapa. You're the Best!

Comments

  1. prima jangan takut kehilangan aku ya kan seumur hidup kt dikerajaan Allah eyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rina, terima kasih ya.. Semangatt love youu

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik