What a Follower Looks Like PART II

God wants us to be different in this world and be a shining light, like salt that makes the world taste good. How? By shining in our righteousness (vs. 20) because a follower’s standard of righteousnness should be noticeably different than the worlds’ standard. For example, (i) when we get angry (vs 22-24), we resolve it quickly. (ii) We not only abhor committing adultery – we try to avoid lust (vs 28). (iii) When we are struggling in our marriage, we don’t threaten divorce cause we don’t give up on relationships (vs 32). (iv) We keep our word (vs.37) instead of changing our tune based on the outcome. (v) We do not seek revenge (vs 39-42) rather we go the extra mile. (vi) We love those who would hurt us and pray for those who would do us harm (vs.44). That’s how we are different!!! Jesus calls us to follow him. Some may feel these examples seem ridiculous and impossible, but
living this way is not out of reach when God’s spirit lives in us and when we are striving to follow Jesus.

Bapa, kenapa harus ini ya qt hari ini haha.. Bagaimana aku harus menjadi garam dan terang dunia, garam yang bisa memberikan rasa dan juga menjadi terang, bisa menyinari dan membiarkan semua orang bisa melihat terang itu.

Matius 5:13-16  "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.
Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.
Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Bapa tahu aku bukan orang panggung, yang mau dilihat oleh banyak mata. Aku lebih suka jadi orang yang bagi orang terlihat biasa aja, aku mau nya bekerja dibalik layar, supaya gak banyak dilihat orang. Lah ini, menampar aku, supaya aku bisa jadi terang, supaya kemuliaan Tuhan terpancar melalui diri kamu!! Udah gitu aku harus memegang standard Tuhan yang tinggi itu. Yeay yeay. Tahu sebagaimana struggle harus jaga hati, mengaku dosa, bangkit lagi. Mungkin juga diri aku bakal diekspek sekelilingku. Tapi Yesus bilang 'hendaklah terangmu bercahaya'. Tuhan mau aku berfungsi, gak cuma jago kandang. Aku bisa ditempat yang nyaman buatku aja. Ayoooo prim break through your limit!!!

Matius 5:48  Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Aku sadar siapa yang aku ikuti, yang aku follow adalah Bapa yang sempurna. Karena itu aku juga akan mampu untuk bertumbuh menjadi semakin mirip dengan karakter yang Yesus punya. Tinggal mau dilakukan atau tidak, seberapa besar niatku untuk bertumbuh. Banyak banget challenge, yang diberikan. Aku suka tantangan, karena itu bikin semangat, apalagi kalau bisa tercapai. Bahagia gitu rasanya.

q: For examples i-vi given above, rate yourself on a five-point scale from where you were before you became a follower of Jesus and where you are now. Give glory to God for the growth in your life!! Meditate on how good it feels to see real changes in your character!!

pertumbuhan karakter apa yang aku merasa itu adalah hasil dari pertobatanku?

1. when i get angry, i can resolve quicky, score is 1 to 4.

Matius 5:23-24  Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,
tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

Segera selesaikan permasalahan, supaya aku gak buat penghalang komunikasi dan hubungan aku dengan Bapaku.

2. We not only abhor committing adultery – we try to avoid lust, score is 1 to 5. Aku benar-benar mau berhenti ya dari dosa ini. Bagaimana harus menjaga kekudusan dan pikiran.

Matius 5:27-28  Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

3. We keep our word (vs.37) instead of changing our tune based on the outcome. Score: 2 to 4

Matius 5:37  Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Berusaha untuk gak munafik, be real apa adanya, jika ya bilang ya. Gak boleh berusaha menyenangkan hati orang dengan suatu kebohongan. Atau aku hanya mengatakan yang bagus-bagus aja, tapi hati bobrok. Ato berusaha menutupi kekurangan dengan membangun tembok kebaikan.

4. We do not seek revenge (vs 39-42) rather we go the extra mile.

Matius 5:41  Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.

Berjalanlah extra miles untuk Tuhan, menginjil prima, share your faith to everyone! Meski aku suka tantangan, tapi untuk tantangan yang ini susah banget. Mau kabur kabur aja loh rasanya. Pengen cepat selesai, gak mau, takut, banyak mata liat aku. Mengerikan 😓. Kaya aku pilih-pilih aja gitu mau bertumbuh di area yang keren yang gampang yang kira-kira aku bisa achieve aja. Gimana mau urusin orang lain juga?! Itu ribet buatku juga Bapa. Bapa, tapi semua harus bisa, dan aku pasti bisa kalo itu dilatih terus menerus, kalo aku mau berlatih lebih giat. Mungkin orang lain bisa bertumbuh disitu tanpa struggle apapun. Aku? Mungkin butuh extra miles yang aku jalani dulu tapi aku akan mampu, aku bersama Bapaku, Bapa pasti akan bantu juga.

5. We love those who would hurt us and pray for those who would do us harm (vs.44). That’s how we are different!!! Jesus calls us to follow him. Some may feel these examples seem ridiculous and impossible, but
living this way is not out of reach when God’s spirit lives in us and when we are striving to follow Jesus.

Mengasihi 😨😭 apalagi ini. Aku? Banyak musti belajar lagi. Aku masih favoritism. Berusaha Bapa, melihat aku sepertinya uda berusaha, tapi ketika gak berjalan baik, bisa jadi aku labelin orang. Uda cukup buat yang ini, yang lan lagi. Apalagi untuk orang orang yang susah ato uda nolak aku, bergumul banget deh. Tapi aku mau berusaha karena Bapa lakukan yang sama buatku.

Matius 5:39-40  Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.

6. Pikiran jahat, mungkin gak ada di list, tapi aku mau bertumbuh juga. Aku mau isi pikiranku dengan hal-hal yang baik.

7. Kemalasan,  gak boleh malas buat bekerja untuk Bapaku.

Matius 5:45  Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

Akhirnya aku mau menerbitkan matahari bagi orang lain. Semangat bertumbuh, Bapa lead me please, dan bantu aku, supaya aku gak menyerah, dan terus strong.
Oia  partner, tentu aku punya. Bersyukur untuk keluarga, brothers sisters dan orang-orang di sekelilingku, yang support pertumbuhan aku. Sahabat-sahabatku ya Be. 😊 terutama sisters aku Ka dinar, meldi dan rina.

Love youuu Father 😘

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik