Persahabatan dengan dunia

Yakobus 4:1-3  Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?
Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.
Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

keinginan dan hawa nafsu, hal yang sering menjadi akar dari dosa yang bisa menimbulkan efek domino yang panjang. Tiap ngelist daftar keinginan pasti bakal panjang banget. Bapa, sering ya aku uda buat proposalku sendiri untuk kehidupanku ke depannya. Bapa, aku mau nya begini, terus begitu, aku pengen yang bagus, yang sepertinya menguntungkan buatku, dll. Terus aku bawa proposal kehidupanku ke Bapa, dan bilang. Bapa, acc in ya proposalku. Seperti itu mungkin gak sadar, aku sudah memaksakan apa yang menjadi keinginanku, yang mungkin keinginan-keinginan itu gak sesuai dengan apa yang Bapa kehendaki, atau malah keinginan itu sudah menjadi obsesi dan menjadi dewa dalam diriku. Mengerikan banget seperti itu, gak secara gak sadar sebuah keinginan sudah menjadi berhala yang aku sembah. 😱

Aku belajar, untuk selalu berdoa dahulu untuk setiap keinginan atau hal-hal yang ingin aku kejar. Jangan sampai menjadi dosa, atau jadi menyalahkan Tuhan, ketika hal-hal yang terjadi meleset dari perkiraanku, bubar semua dari plan yang sudah aku susun rapi.

Ato aku uda berdoa, tapi ya seperti tadi, doa yang memaksakan kehendakku, doanya salah, karena keinginan yang didoakan itu hendak memuaskan hawa nafsu aja, bisa jadi untuk kesombongan, bisa buat jatuhin orang lain dan sebagainya.

Bapa, ampuni aku karena terkadang apa yang menjadi keinginanku itu mungkin terlihat baik dan kadang rohani. Tapi siapa yang tau apa yang menjadi tujuanku sebenarnya? siapa yang tahu hati? bahkan kadang aku sendiri tidak menyadari apa yang sebenarnya ada di dalam hati. Bapa, biarlah selalu kehendak-Mu yang jadi.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik