Jangan Memandang Muka

Yakobus 2:4  bukankah kamu telah membuat pembedaan di dalam hatimu dan bertindak sebagai hakim dengan pikiran yang jahat?

Pagi ini ak belajar tentang supaya gak memandang muka untuk menentukan bagaimana cara akan memperlakukan seseorang.

Yakobus 2:8  Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik.

aku harus mengasihi kepada semua orang itu sama. Tapi ak ngerti gak segampang aku ngomong itu sekarang. rasa malas banget untuk bisa memberi kepada orang-orang yang menurutku menyebalkan, gak dewasa, sombong, dll. Kadang jadi kesel ato sebel sendiri.

Tapi ya itu yang diperintahkan ama Bapa, dan itu baik untuk diriku.

Yakobus 2:10-11  Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.
Sebab Ia yang mengatakan: "Jangan berzinah", Ia mengatakan juga: "Jangan membunuh". Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga.

Gampang pake banget untuk melihat kesalahan orang, untuk melihat kelemahan orang lain, tapi gak bisa liat kekurangan diri sendiri. Ak bisa yang benci banget ama orang-orang yang dengan gampang, ya harus gitulah, dia yang lebih dewasa harusnya, dia yang salah, harusnya kamu begini begitu. gampang banget ya orang tu ngomong. Tapi ngerti nggak sih orang-orang yang ngomong itu, apa yang yang dirasain orang yang di begituin? tau gak dari sudut pandang orang yang digituin? gak pada belajar untuk bersikap lebih simpati ke orang lain. aku tertusuk kadang juga. Aku kadang bisa sombong, dan gak bijak dalam berkata-kata, gak punya manner yang benar, bisa menyalahkan dan kecewa ama orang lain, merasa orang lain gak ngerti, dan cara mereka itu semua salah! meski aku tau mereka sebenernya sayang ama aku. Kadang aku banding-bandingin juga, kritis, kamu suruh aku mengasihi tapi kamu sendiri gak pernah komunikasi dengan keluargamu! kamu bilang kenapa kamu sering telat, padahal kamu sendiri suka cancel janji or ga tepatin janji. Ya seperti si yakobus bilang, Ia mengatakan jangan berzinah tapi ia sendiri membunuh.
Aku belajar untuk bisa lebih melihat dari sudut yang lebih luas, melihat dari segala sisi, melihat sampai akar nya gak cuma permukaan aja, so aku bisa menentukan dengan lebih benar bagaimana aku bersikap.

Yakobus 2:13  Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.

Selalu jadikan firman Tuhan sebagai standard aku untuk hidup. Berlaku dengan tegas pada dosa! menegor orang dengan belas kasih bukan dengan kesombongan. Aku bersyukur ak memiliki Yesus yang gak ngejudge aku, Ia tetap memiliki belas kasih kepadaku, gak melihat apa yang sudah aku lakukan di masa lalu, Yesus yang mau merangkul dan peluk aku, mau terus membimbing aku ke jalan yang benar, yang membuat aku mau berserah kepada-Nya. Lakukanlah kepada orang lain seperti apa kamu ingin diperlakukan oleh orang lain. Keep your heart to remains pure

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik