Bertumbuh melalui pencobaan

Yakobus 1:14-16  Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.
Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.
Saudara-saudara yang kukasihi, janganlah sesat!

bagaimana pencobaan itu bekerja? 😱
setelah baca ini, jadi mikir, berati banyak pergumulan yang sebenernya muncul karena diri sendiri, karena adanya 'keinginan' yang mungkin disertai dengan dosa.
Setelah memiliki keinginan biasanya akan muncul apa saja yang akan dilakukan untuk memperoleh apa yang diinginkan? jika pengen banget gitu ya, bisa jadi melakukan segala cara, dan mulai timbul 'keraguan' apa yang Bapa katakan tentang dosa.
Then, kita akan 'tertipu' oleh muslihat iblis. Bisa muncul ide-ide aneh yang kadang aku merasa itu baik untuk diriku, padahal sebenarnya gak sesuai dengan bible.
Setelah itu waktunya judgements apabila lebih memilih untuk mendengarkan pikiran yang salah maka akan muncul 'ketidaktaatan' alias jadi dosa.

Teruslah berjaga-jaga, dan selidiki, apakah tiap keinginanku benar sesuai bible ato enggak! apakah tiap aku berekspektasi itu seperti apa kehendak Bapa ato enggak!

Yakobus 1:5-6  Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit —, maka hal itu akan diberikan kepadanya.
Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.

🐬 mintalah hikmat kepada Bapa supaya aku gak terintimidasi dengan keinginan atau pikiran-pikiran yang salah dan jangan ragu

🐬 aku ingat zaman dulu pernah dibilang ama ka dinar 'kenalilah pola' hal yang bisa bikin jatuh. Kondisi apa yang bisa bikin kamu lemah? Ketika aku sendiri? Kapan terakhir itu terjadi? Saat ak merasa capek atau kesepian atau being alone atau tertekan atau ketika sedang marah atau kuatir? atau ketika sedang sukses? Jika aku mampu mengidentifikasi ini dengan cepat, aku akan bisa menghindari hal hal yang bikin aku weak. Dan gak ulangi pola yang sama mulu.

🐬Minta tolong ama Bapa.

Mazmur 50:15  Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku." Sela

Berdoalah dan berseru! Ingat ada Bapa disisi ku, aku enggak sendirian, aku punya Bapa yang mengerti tiap tetes air mata, aku punya Bapa yang bisa mengubahkan apapun, aku punya Bapa yang maha Kuasa. Kenapa mesti kuatir? takut? Jujur sih, kadang-kadang memang gak mau dibantu, karena merasa sombong, aku bisa sendiri kog. ato kadang malu, karena masa aku minta tolong terus untuk hal yang sama? kadang marah ato jengkel sendiri 😫 tapi aku diajarkan untuk bisa selalu berserah kepada Bapa, Bapa mau aku selalu berseru dan mengandalkan Bapa. So, buat apa aku kerasin hati, bikin capek hati sendiri, negatif ama orang, dan gak bersukacita? buang-buang energi.

🐬 selalu ingat goal dari kehidupan.

Yakobus 1:12  Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Jika, ak tersandung, gak boleh aku menyerah, gak boleh aku mengasihani diri sendiri, gak boleh lari tapi selalu pandang Bapa dan mengharapkan pertolongan-Nya, Bapa tahu segala yang terbaik buatku. Bapa mau aku juga step up, bukannya step down. Bapa akan tersenyum jika aku berhasil dan enjoy tiap proses. 😎

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik