Riwayat di padang gurun

Dari ulangan pasal 2, aku sadar, Tuhan itu punya rules nya sendiri. Bagaimana Tuhan membawa bangsa Israel di padang gurun, dan membiarkan bangsa itu belajar ketaatan dan juga kesabaran.

Ulangan 2:1-6  "Kemudian kita balik dan berangkat ke padang gurun, ke arah Laut Teberau, seperti yang difirmankan TUHAN kepadaku. Lama kita berjalan keliling pegunungan Seir.
Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku, demikian:
Telah cukup lamanya kamu berjalan keliling pegunungan ini, beloklah sekarang ke utara.
Perintahkanlah kepada bangsa itu, demikian: Sebentar lagi kamu akan berjalan melalui daerah saudara-saudaramu, bani Esau, yang diam di Seir; mereka akan takut kepadamu. Tetapi hati-hatilah sekali;
janganlah menyerang mereka, sebab Aku tidak akan memberikan kepadamu setapak kaki dari negeri mereka, karena kepada Esau telah Kuberikan pegunungan Seir menjadi miliknya.
Makanan haruslah kamu beli dari mereka dengan uang, supaya kamu dapat makan; juga air haruslah kamu beli dari mereka dengan uang, supaya kamu dapat minum.

Meski bisa aja Tuhan membuat bangsa Israel bisa merebut tanah di bani Esau, supaya mereka singgah disana. Tetapi Tuhan enggak izinkan, karena Bapa adalah Tuhan yang memegang janji-Nya. Tuhan telah memberikan tanah itu kepada keturunan Esau, sehingga Bapa memperingati bangsa Israel supaya mereka berhati-hati, kemudian harus mengikuti peraturan yang ada di daerah itu.

Ulangan 2:7  Sebab TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala pekerjaan tanganmu. Ia memperhatikan perjalananmu melalui padang gurun yang besar ini; keempat puluh tahun ini TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, dan engkau tidak kekurangan apa pun.

Namun Bapa terus menyertai bangsa Israel, bangsa Israel harus mengusahakan diri supaya mereka bisa mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari. Bapa gak suka orang yang malas. Lihat, Tuhan akan memberkati engkau dalam segala pekerjaan tanganmu. Bapa menghargai usaha kita, Bapa menyukai proses dimana kita akan semakin dimurnikan, apa yang kita kerjakan. Ya kadang, kita bisa lihat hasilnya langsung, kadang enggak, kadang aku harus melihat ternyata hasil yang Tuhan inginkan itu berbeda dengan apa yang aku targetkan. Tuhan selalu tahu, Tuhan memperhatikan perjalananku. Kebutuhan? sepertinya Bapa pun akan lebih ngerti apa yang menjadi kebutuhanku, bagianku ya obey sama Tuhan.

Ulangan 2:25  Pada hari ini Aku mulai mendatangkan ke atas bangsa-bangsa di seluruh kolong langit keseganan dan ketakutan terhadap kamu, sehingga mereka menggigil dan gemetar karena engkau, apabila mereka mendengar tentang kamu."

pertanyaan jadi banyak gitu ya waktu baca ayat demi ayat, kenapa Tuhan suka banget suruh bangsa Israel berperang, menumpas habis nyawa musuh, seolah olah ya bangsa Israel itu seorang penjajah, yang datang seperti momok buat orang yang bakal didatangi. Bukankah harusnya mereka mengajarkan kasih? atau ya menunjukkan hal hal yang baik aja gitu, gak perlu pakai kekerasan. Bahkan Tuhan sendiri bertitah kalau Tuhan akan memberikan keseganan dan ketakutan kepada semua bangsa dibawah kolong langit, dan membuat mereka gemetar apabila mendengar tentang mereka?
kenapa? yang aku mengerti ya, supaya seluruh bangsa tahu Tuhan itu sangat berkuasa, Allah yang memiliki integritas, Allah yang berdaulat, yang bisa juga menghukum orang orang yang tidak tunduk menyembah kepada Tuhan, orang orang yang suka mengambil jalannya sendiri, orang yang berdosa. Tapi kan bangsa bangsa lain mungkin gak tau, gak ada yang ngajarin siapa Tuhan itu sebenarnya. apa tujuan mereka hidup. Beruntung bangetlah bangsa Israel ini, uda diberkati, selalu diarahin juga, yah tinggal obey aja. Related ama diriku juga, mengingat betapa beruntungnya aku, aku bersyukur Bapa. Begitu luar biasa Bapa. Jujur aku lagi males malesnya kalo pagi, bawaannya masih pengen tidur lebih lama mulu, terus bangun tidur tuh langsung banyak yang dipikirin, gak bisa fokus doa, bawaannya pengen tidur karena cuaca lagi enak banget buat tidur. Aku harus bersemangat Be. Thank you Bapa. 😀😅 Ingat, Tuhan akan memberkati setiap pekerjaan tangan kita supaya nama Tuhan ditinggikan. Bisa prim prim. 🙏

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik