Janji Tuhan

Ulangan 7:16  Engkau harus melenyapkan segala bangsa yang diserahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu; janganlah engkau merasa sayang kepada mereka dan janganlah beribadah kepada allah mereka, sebab hal itu akan menjadi jerat bagimu.

Tuhan sudah menjanjikan berkat kepada bangsa Israel di ayat ayat sebelumnya, tetapi Tuhan gamau, bangsa Israel gatau aturan, jadi Tuhan buat kondisi dan ketentuan berlaku buat bangsa Israel juga. Supaya mereka hidup dengan benar. Tuhan memberikan perintah supaya melenyapkan segala bangsa yang diserahkan kepadamu oleh Tuhan, dan janganlah engkau merasa sayang.

Bapa, aku kadang suka bingung, syok sekajap kalo baca baca di kitab perjanjian lama ya. Kayanya sadis banget, beda ama tulisan di kitab perjanjian baru, yang selalu dibilang untuk mengasihi musuhmu, berikan pipi kirimu ketika ada yang menampar pipi kananmu, gak boleh serakah, gak boleh bernafsu, tapi di perjanjian lama, bangsa Israel suka berperang untuk menambah wilayah kekuasaan? mereka membunuh banyak bangsa. Gak kudus, langsung bunuh, hukum, agak mengerikan aku bacanya. Tuhan terlihat sangat disiplin. Sebenernya aku tertusuk juga, dibagian kadang kita merasa sayang kepada beberapa hal yang mungkin Tuhan minta lenyapin atau buang saja. Susah kan ya? terus aku sendiri takut salah juga, gamau menyesal, dengan pertimbangan-pertimbangan sendiri. Aku kayanya juga sedang bermain-main, Bapa, Bapa tahu aku dekat dengan seorang temen kantorku kan? tapi aku cuma anggap dia sebagai temen deket aja lho. Ya kalo diceng ceng in ama temen temen kantor yang lain, kami berdua juga bales in pake bercandaan juga. Aku merasa ya, kami cuma bersahabat. Tapi gara gara kemarin outing aku merasa dia jadi lebih berani buat ngegombal, terus ak merasa perlakuan sedikit berbeda. Bukan ge er ya Be. tapi ak malah jadi takut, gimana kalo dia merasa aku ada perasaan ama dia? 😫 dia jadi suka chating bahkan suka telpon ga jelas. mencurigakan.

Bapa, please jaga aku ya Be, kalau aku sudah bersikap berlebihan juga. Gamau jadi ada masalah nanti ke belakangnya. Tapi kalo itu cara Bapa buat reach out dia oke sih Be. hahaha.

Bapa sebenernya aku capek sih, pengen istirahat, tetapi kenapa jadi banyak yang harus dikerjain ya? hahaha yasudahlah. Bantu aku ya Bapa untuk selesaikan hari ini.

Ulangan 7:18-19  maka janganlah engkau takut kepada mereka; ingatlah selalu apa yang dilakukan TUHAN, Allahmu, terhadap Firaun dan seluruh Mesir,
yakni cobaan-cobaan besar, yang kaulihat dengan matamu sendiri, tanda-tanda dan mujizat-mujizat, tangan yang kuat dan lengan yang teracung, yang dipakai TUHAN, Allahmu, untuk membawa engkau keluar. Demikianlah juga akan dilakukan TUHAN, Allahmu, terhadap segala bangsa yang engkau takuti. Ulangan 7:21  Janganlah gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, ada di tengah-tengahmu, Allah yang besar dan dahsyat.

Aku punya Tuhan yang maha kuasa, gak perlu takut apapun dengan dunia. Bapa, ak masih mau tidur. tapi harus mulmed nih gantiin si merci. Aku sangat butuh Engkau ya Tuhan, 😄 supaya bisa serve di mulmed dengan benar.

Ulangan 7:25-26  Patung-patung allah mereka haruslah kamu bakar habis; perak dan emas yang ada pada mereka janganlah kauingini dan kauambil bagi dirimu sendiri, supaya jangan engkau terjerat karenanya, sebab hal itu adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu.
Dan janganlah engkau membawa sesuatu kekejian masuk ke dalam rumahmu, sehingga engkau pun ditumpas seperti itu; haruslah engkau benar-benar merasa jijik dan keji terhadap hal itu, sebab semuanya itu dikhususkan untuk dimusnahkan."

jangan main main dengan dosa, dosa apapun, ga ada dosa kecil atau besar. gak ada coba coba, ingat dengan konsekuensinya...

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik