Ikatan

Bapaaa, thank you banget ya buat hari ini. Aku happy banget, aku punya pengalaman baru, dan Bapa kasih semua itu ke aku secara gratis. Bapa, maaf ya tadi pagi buru buru banget, ga sempet doa pagi. sepanjang jalan ya, ak malah kangen ama ka dinar, kangen ama grup, kangen ama rumah, mungkin karena jalan kampung kampung yang dilewati itu ya mirip ama kampung Be. 😎 Bapa, aku seneng tadi bisa naik perahu muter muter, aku suka dengan ide mereka, membuat sungai menjadi lebih banyak guna. padahal sebenarnya juga ada jalan darat. aku tuh mikirnya, floating market itu pasar apung kaya yang di kalimantan, wkwkwkw. ternyata cuma pasar disamping samping sungai. tapi disana enak banget tadi makan ketan mangga, terus makan es krim kelapa. Kayanya uda naik berat badan ku Be. wkwkwk. pulang jakarta harus olahraga. 😂 joging... Bapa, abis itu bisa makan siang, makan enak, di chiness food. abis itu jalan2 di ancient town, dan malam dinner seafood enak banget Be, diatas kapal, terus pemandangannya bagus banget. Bapa, aku tahu Engkau adalah Tuhan yang loving banget. Romantis banget, aku bayangin aku lagi dinner ama Bapa disana, diterangi cahaya lilin, ada live music nya, diatas kapal bisa melihat pemandangan yang bagus. Romantis banget. 😍 makasih banget ya Bapa, aku bisa melihat apa yang Bapa buat melalui orang orang di thailand itu Tuhan.

Ulangan 6:5  Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. 

Aku belajar untuk bisa mengasihi Tuhan dengan full heart. Aku melihat banyak banget hiburan yang ada di dunia gitu Be, yang secara gak sadar bakalan menjerat manusia dengan gampang. Kadang itu hal yang ekstrim tapi lama kelamaan, akan dianggap menjadi hal yang lazim bagi masyarakat. Aku melihat banyak kuil kuil, patung patung, dan masyarakat menyembah pada dewa dewa mereka. Pernah kan dl tanya kepada mereka, kenapa kalian menyembah patung? bukankah itu berhala? tapi mereka menjawab, patung itu bukanlah yang disembah, patung itu hanyalah media dan mereka tetap percaya akan adanya Tuhan.

manusia suka banget memerangkapkan Tuhan yang begitu besar ke dalam benda benda buatan tangan mereka sendiri, bahkan menurutku mereka malah akan menyembah patung patung itu dan bukan Tuhan. aku tertusuk Be, orang bilang aku punya kekuatan di persahabatan, tapi menurutku, malah itu menjadi kelemahanku, aku kadang membuat sahabat atau orang yang aku respek dan sayang lebih tinggi posisi nya daripada Tuhan, atau bahkan aku menganggap diriku yang paling penting. Gak boleh! aku harus terus berjaga-jaga, gak boleh bolong baca alkitab, baca buku, datang ke pertemuan-pertemuan ibadah, bible studi. Bapa, kangen banget aku dikasi pembimbingan, bener kata ka dinar kemarin waktu aku telp. aku mungkin punya ekspektasi yang berbeda dari ka dinar, aku merasa bosan gitu, memang banyak acara ya tapi itu enggak bisa all out, aku sangat ingin kedekatan dalam pdg, bahas banyak hal, oke. tapi aku juga mau ada firman Tuhan yang dibahas, terus aku bisa merasa nyaman di pdg ku Bapa. tapi sekarang aku merasa gak bebas. aku sendiri buat batasan batasan ke orang orang. Gak cuma di grup, bahkan ke orang orang yang tadinya dekat, dan sekarang sudah jauh. kangen Be. hang out ama mereka, pdg, dinner bareng, cerita tentang kebaikan kebaikan Tuhan, tentang pergumulan, tentang impian kami masing-masing. Bapa, kadang aku memaksakan diriku bahwa aku sendiri dan Tuhan itu cukup. Tapi Tuhan gamau, Tuhan tetep mau aku bisa berbaur, aku bisa punya keluarga rohani, supaya bisa bertumbuh bersama sama. Tuhan gak pernah mengajarkan diriku untuk egois, tetapi hati memberi.

Ulangan 6:7  haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

Firman Tuhan, gak bisa cuman dipelajari satu kali, tapi harus berulang kali, Bapa juga memerintahkan supaya kamu menginjil. Banyak ceritakan kebaikan Tuhan, ceritakan supaya orang lain mengenal Tuhan Yesus, dan bertobat. Bapa, bahkan aku ya uda males lagi ngomong ke adekku masalah kerohanian. Tapi makasih ya Bapa, Bapa buat hubungan kekeluargaan kami jadi lebih dekat.

Ulangan 6:11-16  rumah-rumah, penuh berisi berbagai-bagai barang baik, yang tidak kauisi; sumur-sumur yang tidak kaugali; kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun, yang tidak kautanami — dan apabila engkau sudah makan dan menjadi kenyang,
maka berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.
Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu; kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah. 
Janganlah kamu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa sekelilingmu,
sebab TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu di tengah-tengahmu, supaya jangan bangkit murka TUHAN, Allahmu, terhadap engkau, sehingga Ia memunahkan engkau dari muka bumi.
Janganlah kamu mencobai TUHAN, Allahmu, seperti kamu mencobai Dia di Masa.

Aku melihat adanya perjanjian di ayat ini, suatu ikatan antara Tuhan dengan bangsa Israel. Ada juga peringatan supaya engkau jangan melupakan Tuhan. Kita biasa memulai tahun dengan doa pada resolusi kita, tapi seiring berjalan waktu dan satu per satu resolusi kita di jawab Tuhan, kita suka lupa, itu adalah kasih karunia dari Tuhan, malah menjadi sombong pada akhirnya. Jangan mencobai Tuhan! Bapa, hampir saja hari ini aku mo full in jalan, tapi aku ingat, betapa romantis Bapa waktu dinner tadi, masa aku gamau pulang hotel duluan dan bisa berdoa, bisa banyak ngobrol dengan Tuhan. Thank you Bapa. aku yakin, besok ak bs beliin oleh oleh, atau aku bisa dapet barang yang aku butuhkan dan yang aku pengen Be. hehehe. pengen beli sepatu running dan jalan yang baru. Jangan buat Tuhan marah, jangan buat Tuhan cemburu. sakit kan ketika ak alami cemburu. So jangan menyakiti hati Tuhan lagi

Ulangan 6:25  Dan kita akan menjadi benar, apabila kita melakukan segenap perintah itu dengan setia di hadapan TUHAN, Allah kita, seperti yang diperintahkan-Nya kepada kita."

Tuhan hanya minta supaya kita setia kepada Tuhan. 😊🌠

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik