Firman adalah Allah

Bapa, hari ini aku sakit kepala gara gara printer. Astaga, ampe malem cuma gara gara setting printer, dan akhirnya pulang tanpa aku bisa solved issue nya. 😢  Aku mo coba untuk tulis lagi saat teduh dari buku the calling. Aku kira bakal cepet gitu ya, ternyata ayatnya banyak.

Hari ke-1 Firman adalah Allah.

Yohanes 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Firman adalah gambaran dari Allah sendiri. Aku bisa mengenal karakter karakter Allah, cara Bapa mendidik manusia, menghukum, menegor, mengasihi, dan sebagainya melalui Firman.

1 Yohanes 1:1-2  Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup — itulah yang kami tuliskan kepada kamu.
Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.

Ibrani 4:12  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

aku kembali disegarkan dengan ayat ini. Fungsi Firman Allah itu sendiri adalah bisa membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Apakah yang aku rasakan sekarang? apakah aku fine fine aja sekarang? aku ngerasa aku mulai gersang😵, semua jadi terasa menjadi biasa saja. Apa yang aku simpan, sehingga joy gak lagi full di hatiku? apakah aku menyimpan unek unek yang gak terkatakan? atau aku ingin lebih banyak lagi quality time?  apakah hubungan persahabatanku dengan brother sisterku lagi gak oke? ataukah jasmaniku cukup lelah jadi aku enggak berasa joy? sepertinya aku punya siklus. Aku harus bisa naikin lagi joy ku. lebih banyak habiskan waktu untuk membahas Firman Tuhan, untuk quality time dengan Tuhan, bereskan dosa, confess, bereskan hati, jangan sampai ada cemburu lagi. Apakah yang menjadi fokus utama hatiku saat ini?

2 Timotius 3:16-17  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

Fungsi firman Tuhan adalah untuk:
1. mengajar
2. menyatakan kesalahan
3. memperbaiki kelakuan
4. mendidik orang dalam kebenaran

Semua hal itu ada di alkitab, dan aku setuju itu. Begitu powerfulnya Firman Tuhan. Ada kesalahan yang dinyatakan, sehingga aku bisa dididik yang benar. Aku mau karakter leadership ku bertumbuh ya Tuhan. Aku tahu, aku gak punya gift kepemimpinan, tapi aku yakin Bapa bisa didik aku menjadi bisa punya karakter itu.

Mazmur 119:9  Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Firman Tuhan juga bisa menjadi penjaga untuk kekudusan hidupku, hidup dengan bersih dan benar.

Lukas 11:28  Tetapi Ia berkata: "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."

Pesan bahwa Firman Allah itu sesuatu yang berharga, berbahagialah jika aku mempunyai pengetahuan, landasan ketika aku mengenal dan membaca Firman Tuhan. So grateful, karena Tuhan banyak jaga aku, kasih aku advice, ide dari firman Tuhan.

Mazmur 18:30  (18-31) Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.

Setuju banget dengan ayat ini, Menenangkan banget ya baca mazmur, Tuhan berfirman bahwa jalan-Nya menjadi sempurna, Fungsi firman itu untuk keep aku dari godaan godaan duniawi, dan membuat aku menjadi strong.

Mazmur 33:4  Sebab firman TUHAN itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan.

Aku sendiri bisa melihat bahwa Bapa adalah setia. faithful! Terharu kalo mengingat bahwa Tuhan tuh terus setia kepadaku meski aku buat banyak salah ama Tuhan.

Matius 24:35  Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.

ayat ini waktu kubaca, langsung terbayang bagaimana komponen komponen di galaxy bimasakti itu bergerak sesuai dengan yang orbitnya. Aku kagum banget dengan banyak ciptaan Tuhan yang bikin merinding.

Mazmur 119:130  Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.

Amsal 2:6  Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.

Yup, gak ada yang lebih berhikmat adalah Tuhan itu sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik