Anak anak Terang

Efesus 5:1-2  Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih
dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.

Bapa, aku sedih banget, semalam ga bangun buat doa. Huhuhu. Be, aku minta maaf ya. Badanku capek banget Be. Kecapean banget. Butuh istirahat, tapi selalu ampe malem terus, uda gitu ga langsung tidur, masih baca baca dulu. Nah sekarang uda, kerasa sangat lelah. Ga nafsu makan pula. Hmmh.

Ak belajar untuk menjadi penurut Allah. Bingung sih Be, kadang mau tau apa yang aku putuskan untuk dilakukan itu dari Tuhan atau enggak. Benar ato enggak. Karena itulah aku bener bener harus minta hikmat dari Tuhan. Bapa, thank you ya. Akhirnya pagi ini aku gak kesiangan, bisa bangun jam stg 7. Ya lumayan dibanding kemarin, meskipun lemes banget. Bapa, bersyukur ya kemarin aku dijoin ke project edukasi kemendiknas. Ya tapi berasa gak enak juga, karena ada kerjaan yg aku bantu di tim nya mba mitha belom kelar karena ada perubahan disaat saat terakhir. Aku merasa aku ga bertanggung jawab. Gak selesein itu sampe selesai. Padahal aku tau, codingan aku disitu bar bar lah istilahnya. Aku gak ngerti code existing disitu, akhirnya aku pake algoritmaku sendiri. Pasti bingung orang bacanya, dan keliatan kemaren. Mba mit bilang, ternyata susah juga report yang kamu buat, terus dia pulang karena pusing ngerjain. Tapi abang, sebutan buat bosku, istilahnya orang nomor 2 di perusahaan. Dia langsung main tarik aku ke project itu. Bilangnya, kan mitha yg pinjem prima, sekarang mau aku tarik lagi karena sangat butuh orang. Di ax kan sudah banyak. Ya mau gimana lagi. Harus siapin demo yang menurutku kompleks dalam waktu seminggu, dan aku ama diaz jalan sebagai fungsio dan technical jadi satu. Bapa, help me help me. Bantu aku siapin demo yang bener bener bisa menarik calon customer itu.

Oia Be. Hari kamis ya nita studi, entah kenapa kalo aku punya acara sendiri selalu nita tiba tiba muncul, menggagalkan rencana mainku. Hahaha. Aku bingung. Tapi besok aku udah janji mau ketemu ka amel Be. Baiknya gimana nih? Aku gamau reschedule ketemuan, kecuali ka amel yang minta. Karena ngeselin banget tiba2 cancel ketemu. 😤 Apakah aku harus minta advise? Tapi kadang suka bebal, gamau batal janji pokoknya.

Efesus 5:3-4  Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus.
Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono — karena hal-hal ini tidak pantas — tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.

Hidup kudus dan murni di hadapan Tuhan, keserakahan, serakah pengen tidur mulu. Pengen santai santai, tetapi seringnya ga bisa. Huhuhu. Untuk jaga perkataan. Aku bersyukur ya Be, banyak spend waktu ama ka dinar ama rina, aku seneng banget, karena diajakin, gak ditinggalin, meski aku ini bukan siapa siapa, bukan orang yang menurutku cukup penting seperti mereka. Tapi aku melihat kasih mereka ada buatku. Aku melihat bagaimana cara mereka untuk tegas, untuk memimpin, untuk bimbing kebenaran, gimana cara ngomong, tegor orang, melihat kebenaran. Ya seperti jawaban doa ku minggu lalu. Aku bilang aku pengen belajar untuk lebih tegas, bukan ga enakan. Terus Babe jawab. Oh jadi begitu caranya. Thank you ya Be. 😘

Kemudian belajar juga betapa pentingnya apa yang aku ucapkan gitu, untuk memberikan informasi tu harus bisa dicerna sama lawan bicara kita. Bisa menggunakan kata kata yang sesuai orang yang kita ajak bicara, ada yang harus langsung tegas, ada yang harus lembut, ada yang bisa bener bener lepas ngomong bercanda apa aja, dst. Thank you ya Be. Eh uda bulan september ya. Hehehe. Baiklah Be, nothing happened. Dia ga lakuin apa apa. Its oke. Aku giving up deh Be. Gak coba negosiasi lagi tentang bengkoang. Cukup merilekskan, sedikit lega.

Kenapa aku banyak cerita???? Padahal lagi qt. 😂 salah fokus nih.

Efesus 5:6-7  Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka.
Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka.

Yang pertama adalah datang sama Tuhan, ka dinar sering banget ingetin, pertama cari Tuhan dulu, doa dulu, take time dulu. Hampir di setiap kartu yang ditulis buatku pasti ada kalimat yang intinya itu. Baik banget, selalu ingetin gimana bikin prioritas yang benar, ya sangay penting. Jangan mau disesatkan sama orang orang durhaka, jangan bergaul dengan orang orang tersebut.

Efesus 5:8-10  Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,
karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,
dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan.

Hiduplah sebagai anak anak terang. Bapa, berikan aku joyful yang dari Tuhan, bukan dari keadaan atau sekekilingku saja. Tapi joyful yang buat aku selalu bersemangat, selalu ceria, ambil keputusan yang benar dalam bersikap. Thank you banget ya Be, aku bukan lagi gelap, tetapi Bapa buat aku jadi terang.

Efesus 5:11-21  Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.
Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan.
Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.
Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu."
Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,
dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. 
Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.
Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,
dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.
Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita
dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

Nasehat paulus untuk bagaimana harus bersikap menjadi anak terang. Terlihat dia enjoy meski keadaan dia di penjara, dia bisa selalu bersyukur kepada Allah. Dia pergunakan waktu seefisien mungkin untuk melakukan pekerjaan pekerjaan Tuhan. Berusaha mengerti kehendak Tuhan. Bapa, beri aku kekuatan ya Be. Lemes banget ini, huhuhu. Aku mau enjoy with God.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik