Efesus Pasal 1 - Orang terpilih

Efesus 1:4-5  Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.
Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,

Aku adalah orang terpilih. Begitu pernyataan yang sering aku ucapkan. Tapi terkadang aku pun bertanya tanya juga dalam hati, aku ingat saat itu aku sedang di bangku sma, aku sedang dalam perjalanan ke sebuah acara kkr di kota semarang. Aku melewati daerah yang cukup kumuh dan kurasa sudah ditinggalkan para penghuninya karena terkena rob. Aku melihat beberapa orang disekitar situ memakai pakaian seadanya dan kondisinya enggak bagus. Kemudian aku melihat pengemis di bawah jembatan penyebrangan si ibu ibu itu tengah memarahi anak anaknya, aku gatau kenapa. Terlontarlah pertanyaan ini: Be, kalau Bapa sudah menentukan dan tau apapun yang terjadi pada semuanya, terus kenapa Babe ciptakan orang orang yang seperti mereka, harus menderita menurutku. Apakah orang orang itu hanya diciptakan untuk dilahirkan, menderita dan kemudian mati? Menyedihkan banget kalo seperti itu, terus apakah orang orang jahat juga diciptakan begitu saja, mereka yang pada akhirannya harus mati dan ke neraka?

Sepanjang perjalanan cuma merenungkan itu saja. Tapi gak ketemu juga jawabannya. Malah bikin aku sedih. Rahasia Tuhan memang ga bakal dingertiin oleh orang orang dangkal seperti aku dulu. Di ayat selanjutnya dibilang :

Efesus 1:7-9  Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya,
yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.
Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus

Disitu dibilang, oleh darahNya kita beroleh penebusan dan pengampunan dosa, berati Tuhan kasih grace ke semua orang. Cuma banyak orang yang gak ngerti kalo mereka sudah dikasihi. Setiap orang bebas untuk memilih mau jadi apa mereka ke depan, mau berpengharapan seperti apa mereka ke depan, Tuhan sudah menyiapkan jalan jalan untukku, tinggal aku mau pilih lewat mana?

Bapa sudah berikan Roh Kudus, supaya kita bisa mengerti rahasia Tuhan, supaya kita mengenal Tuhan yang menciptakanku. Sehingga aku bisa terus berpengharapan kepada Tuhan, dan melihat sebenarnya kekayaan yang dari surga itu sudah disediakan.

Efesus 1:17-18  dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.
Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus,

So grateful, bersyukur banget Be. Aku bisa seperti sekarang, aku menjadi murid Yesus, aku banyak belajar dan mengerti sekarang. Bukan karena kecerdasan yang dimiliki. Tapi karena Roh Kudus, Roh yang memberikanku hikmat dan pengertian.

Efesus 1:13  Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.

Bersyukur aku mengalami Tuhan, bersyukur untuk orang orang yang sudah Bapa pakai. So grateful karena kinerja Roh Kuduslah aku bisa ambil keputusan yang tepat. Keselamatan yang kekal dari Tuhan, damai sejahtera dan penyertaan Tuhan kepadaku. So amazing. Sangat tenang dan damai bersama sama dengan Tuhan.

Comments

Popular posts from this blog

Siapakah yang boleh datang kepada Tuhan?

Ucapan syukur dan nasehat untuk bertekun

Nasehat untuk menghadapi orang fasik